Saturday, Dec 15, 2018
HomeBeritaIndonesia Adalah Poros Maritim Produksi Bidang Perikanan

Indonesia Adalah Poros Maritim Produksi Bidang Perikanan

unri.ac.id. Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56 Universitas Riau (Unri), melalui Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Unri, menaja Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan (Semnaskanlut) tahun 2018 yang diselenggarakan di Ballroom Grand Suka Hotel Pekanbaru, Rabu (12/9).

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Prof Dr Bintal Amin MSc, Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Unri, menuturkan dalam sambutannya membuka seminar tahunan yang diadakan oleh FPK Unri ini, merupakan agenda kegiatan yang bersempena dengan milad Unri yang ke-56 tahun pada tahun 2018 ini.

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

“Dengan tema mewujudkan sektor perikanan dan kelautan sebagai basis ekonomi nasional melalui riset dan inovasi, kita mendatangkan Narasumber dari Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan, M Zulficar Mochtar ST MSc. Selain itu juga kita undang Dr Iqbal Jawad dari Universitas Hasanuddin, Prof Dr Tridoyo Kusumastanto dari Institute Pertanian Bogor, Dr Rusman B Ghazali dari Koperasi Mina Rizki atau Unas, serta Dr Darwis AN MSi dari Universitas Riau,” jelas Bintal.

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

“Melalui tema seminar yang kita angkat pada tahun ini, kita berharap, kita mendapatkan pemahaman baru untuk pengembangkan dunia Perikanan kedepannya, sesuai dengan yang pemerintah gembar gemborkan yaitu revolusi industri 4.0,” harap Bintal.

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Pada kesempatan yang sama, Prof Dr Ir Thamrin MSc, Wakil Rektor Bidang Akademis Unri dalam sambutannya mengatakan, seminar yang bertepatan dengan semangat milad Unri yang ke-56 tahun ini, dikuti oleh 100 orang peserta dan 40 persennya adalah pemakalah. “Semoga dengan seminar ini, kita semua bisa bertukar pikiran, dalam pengembangan kaidah kaidah keilmuan perikanan dan kelautan yang bermanfaat untuk kemajuan bangsa kita,” ungkap Guru Besar Fakultas Perikanan dan Kelautan ini.

 

Dalam kesempatan itu pula, Menteri Perikanan dan Kelautan melalui Dr Bambang Suprakto Api SPi MT, Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan, Badan Riset SDM Kelautan dan Perikanan, Kementrian Perikanan dan Kelautan, dalam sambutannya menyapaikan titipan dan tantangan untuk pengelolaan perikanan dan kelautan yang sangat melimpah di negara ini.

 

“Negara kita adalah negara poros maritim, dimana terdiri dari ribuan pulau, dan sangat luas akan lautannya, kaya akan sumberdaya laut, terutama produksi dibidang perikanan. Melalui seminar ini, kita harap akan muncul inovasi inovasi yang baru untuk kemajuan dunia perikanan dan kelautan,” tutupnya dan dilanjutkan dengan pemukulan gong pembukaan seminar nasional. (rabit.foto:rizki)***

FOLLOW US ON:
56 Tahun, Unri Komit
Fisika untuk Kejayaa

wannovrinur@staff.unri.ac.id

Rate This Article: