Friday, Sep 21, 2018
HomeBeritaTeruslah Bekerja, Teruslah Berinovasi, Teruslah Berprestasi

Teruslah Bekerja, Teruslah Berinovasi, Teruslah Berprestasi

IMG_9020

unri.ac.id “Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ini, marilah kita terus bekerja untuk membangun riset, teknologi, dan pendidikan tinggi serta menorehkan prestasi-prestasi yang membanggakan untuk memperkuat rasa bangga dan keyakinan kita pada Indonesia. Teruslah bekerja, teruslah berinovasi, teruslah berprestasi.” Demikian yang disampaikan Rektor Universitas Riau (Unri), Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, pada upacara HUT ke-73 Kemerdekaan-RI di lapangan terbuka depan komplek kampus Fakultas Pertanian Unri, Jumat (17/8).

Lebih lanjut, Rektor menyampaikan dalam sambutannya Hari ini adalah hari yang istimewa bagi bangsa Indonesia. Pada hari ini kita memperingati HUT ke-73 kemerdekaan RI. “Kita bersyukur kepada Alah SWT yang telah meridhoi cita-cita kita menjadi bangsa yang merdeka, bangsa yang besar, bangsa yang bersatu ditengah keberagaman, Bhinneka Tunggal Ika. Saat ini, Indonesia banyak dipuji karena stabilitas politiknya, perkembangan ekonominya yang sehat serta prestasi-prestasi yang dicapainya untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik,” terang Aras.

IMG_9125

Sumber: HUMAS Universitas Riau

“Kita semua juga merasa bangga akan prestasi cemerlang mahasiswa dan mahasiswi Unri di berbagai ajang kompetisi internasional dan nasional di berbagai bidang. Pada bulan Januari hingga Juli 2018, mahasiswa mahasiswi terbaik kita mampu meraih emas, perak, hingga perunggu untuk mengharumkan nama baik Unri dan masih banyak karya inovasi lainnya yang tidak dapat sebutkan satu persatu. Hal ini sungguh mengagumkan dan memperkuat keyakinan kita akan kekuatan intelektual dan kreativitas mahasiswa dan mahasiswi Unri,” jelas Profesor di Bidang Ilmu Perikanan dan Kelautan Unri ini.

“Beberapa hari yang lalu, kita baru saja memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-23. Peringatan tersebut merupakan  wujud penghargaan dan apresiasi atas keberhasilan dan prestasi putra-putri bangsa Indonesia yang gemilang di bidang iptek. Cukup banyak prestasi yang membanggakan dan dipamerkan lebih dari ratusan produk inovasi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat serta kemandirian dan daya saing bangsa,” tambah Aras.

Lebih lanjut, menghadapi revolusi industri 4.0, kita harus memperkuat literasi lama yang hanya mengandalkan baca, tulis dan matematika dengan literasi baru dalam bidang pendidikan tinggi, yaitu Data Literation, Technology Literation dan Human Literation. Literasi Data merupakan kemampuan mahasiswa kita untuk membaca, menganalisis dan menggunakan informasi dari Big Data dalam dunia digital. Literasi Teknologi merupakan kemampuan untuk memahami sistem mekanika dan teknologi dalam dunia kerja, seperti Coding dan ArtificalIntelligence, serta prinsip-prinsip teknik rekayasa.

IMG_9206

Sumber: HUMAS Universitas Riau

IMG_9170

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Sedangkan Literasi Manusia merupakan sisi kemanusiaan, komunikasi dan desain kreatif. Ketiga literasi baru ini perlu dikuasai oleh semua lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Untuk menanamkan literasi itu, para dosen, guru, maupun tenaga kependidikan juga harus meningkat kualitasnya, terutama pada skills kepemimpinan dan kerjasama tim, kemampuan beradaptasi dengan teknologi baru dan tantangan global, serta mempunyai kemampuan entrepreneurship, termasuk penguasaan social entrepreneurship. Dengan penguatan ini, saya yakin kita akan mampu melewati tantangan revolusi industri 4.0 dan menjadi salah satu perguruan tinggi yang memiliki daya saing tinggi,” ungkapnya.

“Dalam peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, marilah kita terus bekerja untuk membangun riset, teknologi, dan pendidikan tinggi serta menorehkan prestasi-prestasi yang membanggakan untuk memperkuat rasa bangga dan keyakinan kita pada Indonesia khususnya Unri. Seiring dengan pelaksanaan upacara 17 Agustus 2018, Unri melakukan serah terima mahasiswa baru ke fakultas. Mahasiswa baru ini merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA)/ MAN/ Sederajat yang lulus dalam seleksi penerimaan Unri untuk masuk Pendidikan Tinggi dari berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru di Unri,” ungkap Aras.

“Tahun ini Unri menerima sebanyak 6.151 orang mahasiswa, dengan rincian 952 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), 1186 orang mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), 567 orang mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), 897 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 492 orang mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK), 502 orang mahasiswa Fakultas Pertanian (FP), 979 orang mahasiswa Fakultas Teknik (FT), 140 orang mahasiswa pada Fakultas Kedokteran (FK), 232 orang mahasiswa pada Fakultas Hukum (FH), serta 204 orang mahasiswa pada Fakultas Keperawata (FKP),” jelas Guru Besar Fakultas Perikanan dan Kelautan Unri ini.

IMG_9302

Sumber: HUMAS Universitas Riau

IMG_9021

Sumber: HUMAS Universitas Riau

“Selaku pimpinan Universitas saya mengucapkan selamat atas keberhasilan ananda, serta ucapan terimakasih yang sebesar-besar kepada seluruh pihak yang telah mendukung di mahasiswa bersangkutan untuk dapat meningkatkan kemampuan untuk menekuni bidang yang digelutinya,” tambah Rektor.

Masih dalam rangkaian upacara, juga dilaksanakan prosesi penyerahan reward kepada sejumlah mahasiswa Unri yang berprestasi dibeberapa bidang sains, penilitian, karya tulis, unit kegiatan mahasiswa, baik event skala nasional maupun internasional. Ada 23 orang mahasiswa Unri yang berhasil meraih prestasi baik skala nasioanal maupun internasional. “Kita di Unri yang bergerak optimal sesuai dengan tugasnya masing-masing. Sehingga dengan kondisi demikian, diharapkan mampu memberikan fasilitas dalam bentuk pelayanan bagi mahasiswa yang memliki potensi maupun pengasahan bakat alami yang dimiliki oleh mahasiswa Unri,” jelas Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Syapsan ME.

Pada rangkaian upacara, juga dilaksanakan penyematan dan penyerahan sertifikat Satyalencana Karya Satya Pegawai Negeri Sipil yang telah bertugas selama 30, 20, dan 10 tahun di Unri. Selain itu juga dilaksanakan penyerahan reward kepada pogram studi akreditasi A, dan penyerahan penghargaan kepada Tenaga pendidik dan kependidikan, pustakawan, laboran. (wendi.foto:roger) ***

 

FOLLOW US ON:
Selain Penandatangan
Saat Kobe University

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: