Monday, Oct 22, 2018
HomeBeritaTempat Uji Kompetensi (TUK) di Bidang Teknik, Silahkan ke Unri

Tempat Uji Kompetensi (TUK) di Bidang Teknik, Silahkan ke Unri

IMG_1440

unri.ac.id “Mahasiswa Fakultas Teknik yang lulus dalam uji kompetensi ini, akan mendapatkan sertifikat yang tentunya akan memberikan peluang lebih besar untuk bisa diterima bekerja di industri-industri besar, karena  saat ini industri tidak hanya mengandalkan ilmu, tetapi juga melihat keterampilan dari tenaga kerja tersebut”.

Demikian disampaikan Dekan Fakultas Teknik Universitas Riau (FT-Unri) Dr Ir Ari Sandhyavitri MSc dalam acara Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Logam dan Mesin Indonesia (LSP-LMI), Rabu (25/7) di Ruang DPH FT Unri.

Ari menyebutkan, mahasiswa yang lulus uji kompetensi ini akan mendapatkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), sehingga lulusan ini tidak hanya mendapat ijazah dari Unri, tetapi juga mendapatkan SKPI dalam bentuk Sertifikat Kompetensi yang dikeluarkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

IMG_1412

Sumber: HUMAS Universitas Riau

IMG_1446

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Selain melakukan penandatangan MoU, pada kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan lisensi dan peresmian Tempat Uji Kompetensi (TUK) Teknik Mesin FT Unri oleh LSP-LMI. Penyerahan dilakukan oleh Direktur Eksekutif LSP-LMI Ir Bambang Nurcahyono kepada Ketua TUK Teknik Mesin Unri Yohanes ST MT, disaksikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademis Prof Ir Thamrin MSc, Dekan FT Dr Ir Ari Sandhyavitri MSc, dan Koordinator Program Studi D3 Teknik Mesin Muftil Badri ST MT.

Masih dalam kegiatan yang sama dan ditempat yang berbeda juga dilaksanakan Uji Kompetensi Las Dasar Smaw Posisi 2G bagi mahasiswa Program Studi D3 Teknik Mesin FT Unri. Sebanyak 20 orang Mahasiswa Teknik Unri yang mengikuti uji kompetensi ini langsung dinilai oleh asessor dari LSP-LMI.

Direktur Eksekutif LSP-LMI Ir Bambang Nurcahyono memberikan apresiasi kepada Universitas Riau yang telah berupaya dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa dengan harapan akan melahirkan lulusan yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi.

“Untuk memperoleh lisensi ini ada proses  yang panjang yang harus dilakukan, dan Unri telah menjalani itu semua. Hal inilah yang membuktikan bahwa Unri sudah menunjukkan komitmennya dalam memberikan kompetensi bidang teknik bagi mahasiswa,” jelas Bambang.

IMG_1403

Sumber: HUMAS Universitas Riau

IMG_1449

Sumber: HUMAS Universitas Riau

IMG_1455

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Pada kesempatan yang sama, Dodi Sofyan Arief, MT dosen Jurusan Teknik Mesin FT Unri menyampaikan, dengan adanya penyerahan lisensi dan peresmian Tempat Uji Kompetensi (TUK) kepada Unri melalui Teknik Mesin FT Unri ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi bidang teknik untuk memberikan kualitas dan mutu kepada personal yang bergerak dibidang teknik tentunya.

“Melalui penyerahan lisensi dan peresmian Tempat Uji Kompetensi (TUK) kepada Unri melalui Teknik Mesin FT Unri ini, Unri dapat menjadi wadah bagi penyedia Sumber Daya Manusia yang memiliki kompetensi yang berkualitas dan bermutu dalam melakukan pekerjaan secara profesional,” ujar Dodi. (mukmin)***

FOLLOW US ON:
Selamatkan Lingkunga
Unri Ajak “Stakeho

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: