Thursday, Jun 21, 2018
HomeBeritaIndahnya Bersatu, Berbagi, dan Berprestasi Mencapai Kejayaan Bangsa Masa Depan

Indahnya Bersatu, Berbagi, dan Berprestasi Mencapai Kejayaan Bangsa Masa Depan

IMG_5242

unri.ac.id “Mempertebal nilai-nilai falsafah hidup rakyat Indonesia serta sebagai landasan dalam kehidupan bernegara, maka Universitas Riau (Unri) menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila. Hari lahir Pancasila ini membangkitkan rasa dan semangat persatuan, kesatuan, sekaligus memberikan semangat bagi putra-putri bangsa untuk leluasa menikmati kehidupan yang sejahtera, yang memberikan motivasi untuk berbagi, dan menjadikan sumber inspirasi untuk berprestasi yang sebaik-baiknya.”

Demikian disampaikan Rektor Unri, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA saat menjadi pembina Upacara peringatan hari lahir Pancasila yang dilaksanakan di halaman Gedung Rektorat Kampus Bina Widya Unri Panam, Jumat (1/6). “Pada Upacara ini, semangat berbangsa dan bernegara kita harapkan dapat meningkat dan dapat direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Saya menghimbau kepada seluruh civitas akademika Unri dapat menguatkan fondasi berbangsa, dan merasakan indahnya bersatu, berbagi, dan berprestasi untuk mencapai kejayaan bangsa di masa depan. Hal ini juga sejalan dengan tema hari lahir Pancasila pada tahun 2018 ini, “Kita Pancasila : Bersatu, Berbagi, Berprestasi”.”

IMG_5238

Sumber: Humas Universitas Riau

IMG_5241

Sumber: Humas Universitas Riau

Lebih lanjut, Rektor menyampaikan ada tantangan-tantangan yang berusaha merenggangkan kesatuan bangsa. Hasutan-hasutan yang dapat mengiris ikatan yang sudah puluhan tahun menyatukan segala perbedaan tersebut dapat berpotensi muncul jika kita tidak mengenal nilai-nilai Pancasila. “Pada masa sekarang bangsa Indonesia dituntut untuk tidak buang-buang waktu yang kurang bermanfaat, agar kita semua mampu sebagai bangsa Indonesia untuk mengejar ketertinggalan dengan bangsa-bangsa lain. Momentum sekarang ini menuntut kita untuk tidak buang-buang energi untuk bertikai dan lebih fokus pada prestasi memenangkan kompetisi pendidikan, kreativitas, inovasi dan pengembangan manusia Indonesia.”

“Unri sebagai salah satu pendidik yang berada di garda paling depan selalu meningkatkan nilai-nilai pancasila dalam membentuk karakter bangsa, agar nilai-nilai dasar bangsa ini tidak menjadi asing oleh bangsa sendiri. Peningkatan ini membutuhkan kreativitas dan inovasi agar tidak lumpuhnya kesadaran nasional terhadap nilai-nilai yang menjadi pijakan kita bersama,” jelas Guru Besar Bidang Perikanan dan Ilmu Kelautan ini.

IMG_5240

Sumber: Humas Universitas Riau

IMG_5239

Sumber: Humas Universitas Riau

Pada kesempatan tersebut, Rektor juga mengajak civitas akademika untuk bersama-sama mengamalkan pancasila dalam keseharian, semangat bersatu, berbagi dan berprestasi membawa Indonesia menuju Negara yang maju dan dan jaya. Pada Upacara ini, hadir seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dari unsur Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Tenaga Kontrak di lingkungan Unri. (wendi.foto:rabit) ***

FOLLOW US ON:
Lembaga Mahasiswa Se
Universitas Riau Jun

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: