Thursday, Jun 21, 2018
HomeBeritaPeran-peran Alumni Unri dalam Pengembangan Daerah

Peran-peran Alumni Unri dalam Pengembangan Daerah

IMG_1568

unri.ac.id Keanekaragaman Sumber Daya Alam (SDM) suatu daerah mempunyai daya tarik tersendiri dalam dunia pariwisata. Di daerah Riau, sektor pariwisata merupakan satu diantara dari berbagai sumber devisa. Sudah banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang akan memberikan pemasukan untuk daerah maupun pemerintah, agar sektor pariwisata memberikan pemasukan yang banyak apabila dikelola dengan baik. Hal ini disampaikan Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, pada Selasa (15/5) di Kampus Universitas Riau.

“Akademisi bisa berperan mendukung desa wisata yang dapat mendorong kunjungan wisatawan ke desa tersebut pada umumnya untuk memperbaiki ekonomi daerah tersebut. Selain itu, diharapkan peran signifikan dari berbagai pihak lain seperti dari pelaku pariwisata, alumni, insan pers, dan juga masyarakat umum, untuk memajukan pariwisata di Provinsi Riau ini,” terang Aras.

IMG_1532

Sumber: HUMAS Universitas Riau

IMG_1446

Sumber: HUMAS Universitas Riau

IMG_1520

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Perguruan tinggi merupakan salah satu subsistem pendidikan nasional. Keberadaannya dalam kehidupan bangsa dan negara berperan penting melalui penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Ini merupakan bukti peran alumni untuk berkontribusi membangun ekonomi daerah.

Senada dengan yang disampaikan Aras, Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi yang juga selaku Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unri, sangat mendukung peran aktif alumni universitas sebagai sebuah gagasan yg bagus untuk menumbuh kembangkan usaha masyarakat daerah. Hal ini disampaikan pada saat kegiatan penanaman pohon dan restoking desa Pulau Godang Bukit Suligi Kecamatan 13 Koto Panjang, pada Kamis 10 Mei 2018 kemarin.

IMG_1508

Sumber: HUMAS Universitas Riau

IMG_1478

Sumber: HUMAS Universitas Riau

IMG_1472

Sumber: HUMAS Universitas Riau

“Sebagai alumni dari mahasiswa Universitas Riau, peran aktif alumni sangat dibutuhkan untuk memperkuat pelaksanaan pogram yang agar tepat guna dan tepat sasaran. Silahkan masukkan pogram yang disusun tersebut untuk dimasukkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk suporting dalam bentuk pogram budaya sosial, edukasi, ekonomi dan wisata.”

“Kegiatan penanaman dan restoking desa Pulau Godang Bukit Suligi Kecamatan 13 Koto Panjang yang kita lakukan, diharapkan sasaran yang betul-betul fokus yang terintegrasi  dan bermanfaat bagi daerah dan masyarakat setempat, peran alumni dan perguruan tinggi  yang juga dapat mendorong kemajuan ini. Kita bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Dinas Kelautan dan Perikanan dalam bentuk penghijauan dan restokin,” ujar Ketua IKA Unri.

IMG_1544

Sumber: HUMAS Universitas Riau

IMG_1410

Sumber: HUMAS Universitas Riau

IMG_1463

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Rozak, Kepala Desa Pulau Godang mengucapkan terimakasih kepada IKA Unri untuk memajukan perekenomian desa dalam bentuk pariwisata. Rozak, menuturkan banyak yang dapat dikembangkan untuk jadikan pariwisata desa tersebut, beragam keindahan yang perlu dan harus di kembangkan lagi di desa tersebut. Sebagai gambaran, Rozak menyampaikan daerah tersebut memiliki tiga air tejun yang terhubung dengan sungai langsung dan terkendala dengan tidak adanya kapal untuk menyusuri sungai tersebut. “Kami mengharapkan bantuan pemda setempat dan instansi terkait untuk memajukan pariwisata dan ekonomi masyarakat setempat.”

Pada kegiatan penanaman pohon dan restoking oleh Rektor dan Ketua IKA Unri ini adalah bentuk langkah awal penghijauan dan pelestarian lingkungan hidup dan perairan. Kegiatan yang diselenggara oleh ikatan alumni fakultas perikanan dan kelautan unri bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Pascasarjana Ilmu lingkungan Unri. (wendi.foto:rizki.haris) ***

FOLLOW US ON:
Seminar Nasional Fis
Budidaya Ikan Patin

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: