Saturday, Jul 21, 2018
HomeBeritaPelaksanaan SBMPTN Panlok 19 Pekanbaru Berjalan Baik

Pelaksanaan SBMPTN Panlok 19 Pekanbaru Berjalan Baik

IMG_1209_

unri.ac.id Sebanyak 20.692 orang peserta seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) mengikuti ujian tulis, Selasa (8/5). Mereka bersaing untuk memperebutkan perguruan tinggi yang di harapkannya, jelas Rektor Universitas Riau (Unri), Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA saat memantau pelaksanaan ujian tulis SBMPTN panitia lokal 19 Pekanbaru di Lokasi Pelaksanaan SBMPTN lokasi di Kampus Bina Widya Unri.

“Informasi yang saya dapat, hari ini semua berjalan dengan baik. Tidak ada masalah. Harapan saya ke depan makin baik. Pelaksanaan SBMPTN tahun ini tidak ada kasus terkait kecurangan dengan modus perjokian. Ada 20.692 peserta yang mengikuti SBMPTN 2018 hari ini di pekanbaru. Secara rinci, 20.132 peserta mengikuti ujian berbasis cetak (UTBC) dan 560 peserta ujian berbasis komputer (UTBK),” jelas Aras.

IMG_1208_

Sumber: HUMAS Universitas Riau

IMG_1182_

Sumber: HUMAS Universitas Riau

Lebih lanjut, Aras, menambahkan sebagai panitia lokal 19 Pekanbaru, Unri telah menyiapkan lokasi pelaksanaan ujian yang dapat di jangkau oleh para peserta ujian SBMPTN. Seperti, di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasyim Riau untuk pelaksanaan ujian Saintek, Unri Panam untuk ujian Campuran, Unri Gobah, dan beberapa Perguruan Tinggi Swasta melaksanakan Ujian Soshum. “Saya berharap, para peserta berhasil menyelesaikan soal dan melanjutkan pendidikan tinggi di perguruan tinggi yang mereka harap. Berdasarkan jadwalnya, pelaksanaan ujian tulis SBMPTN akan berlangsung selama satu hari, yang dibagi 3 kategori yaitu Saintek, Kemampuan dan Potensi Akademik, dan Soshum,” tutupnya.

Sejalan dengan yang disampaikan Rektor, Prof Dr Ir Thamrin MSc Wakil Rektor Bidang Akademik Unri, menyampaikan untuk materi ujian tulis, terdiri atas Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) yaitu Matematika Dasar, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, TPA Verbal, TPA Numerikal, dan TPA Figural. Kedua, Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika.

IMG_1213_

Sumber: HUMAS Universitas Riau

IMG_1218_

Sumber: HUMAS Universitas Riau

“Selanjutnya, Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. Sementara itu, untuk Ujian Keterampilan (UK) hanya diperuntukkan bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan. UK bersifat wajib diikuti oleh peserta di PTN Pilihan dan tidak diperkenankan mengikuti UK di PTN yang bukan menjadi PTN tujuan. Peserta juga harus mengikuti jenis UK sesuai dengan ketentuan prodi pilihannya,” terang Guru Besar Bidang Perikanan dan Ilmu Kelautan ini menjelaskan. (wendi.foto:rizki) ***

FOLLOW US ON:
Ketentuan & Dokumen
Penerimaan Calon Mah

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: