Monday, Jun 18, 2018
HomeBeritaPentingnya Peningkatan Kemampuan SDM Fakultas untuk Kemajuan Universitas

Pentingnya Peningkatan Kemampuan SDM Fakultas untuk Kemajuan Universitas

IMG_2828

unri.ac.id Dalam meningkatkan mutu dan kualitas melalui peningkatan sarana dan prasarana pada fakultas yang ada di Universitas Riau (Unri), disusun berbagai program kegiatan guna menunjang kegiatan belajar dan mengajar di Unri. Pada sesi presentasi Rencana program fakultas pada kegiatan Musyawarah Rencana Pengembangan (Musrenbang), 14 Februari 2018 lalu di Harmoni One Hotel and Convention Centre Batam, Kepulauan Riau, pimpinan fakultas yang ada di Unri menyampaikan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan pada Fakultas pada tahun 2019.

“Majunya fakultas ataupun universitas, adalah pada Sumber Daya Manusianya (SDM).” Hal ini disampaikan Dr Syamsu Dhuha, Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unri.

Lebih lanjut, Dhuha, menyampaikan banyaknya dosen yang memasuki masa pensiun, menjadi kekhawatiran sendiri bagi sejumlah fakultas yang ada di Unri, apalagi tidak diimbangi dengan masuknya dosen baru yang benar-benar masih fresh graduate. Persoalan ini tentu akan berimbas pada rasio dosen dan mahasiswa yang akan mengalami ketimpangan jauh, tenaga dosen ini merupakan aset perguruan tinggi yang harus menjadi perhatian prioritas.

IMG_2841

Sumber : HUMAS Universitas Riau

“Oleh karena itu, FMIPA kembali akan mengkaji tentang keberlanjutan ketersediaan tenaga pendidik pada fakultas, tentunya dalam rangka meningkatkan akreditasi jurusan untuk mendorong akreditasi universitas,” ungkap Dhuha.

Senada dengan Dhuha, Prof Dr Usman M Tang MS, Dekan Fakuktas Keperawatan, “Akreditasi merupakan salah satu indikator kualitas suatu perguruan tinggi baik itu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) serta juga indikator dari sebuah prodi di setiap fakultas.”

Saat ini, Unri memiliki 10 fakultas dan satu Program Pascasarjana dengan jumlah prodi sebanyak 91 prodi dari Program Diploma (D3) Sarjana (S1), Pascasarjana (S2) hingga program Doktoral.

“Dari 91 prodi tersebut masih ada prodi yang memiliki akreditasi C untuk itu ia mendorong agar prodi-prodi yang masih akreditasi C dapat berubah menjadi B begitupun juga seterusnya prodi yang masih berakreditasi B berubah menjadi A, untuk meningkatkan akreditasi Universitas,” ungkapnya.

IMG_2865

Sumber : HUMAS Universitas Riau

“Peran fakultas juga terus mendorong peningkatan jumlah prodi Studi Sarjana (S1), Pascasarjana (S2) hingga program Doktoral. Selain itu peningkatan jumlah karya ilmiah dan preatasi mahasiswa sangat di perlukan untuk meningkatkan kareditasi fakultas dan universitas,” ujar Syafri Harto Dekan fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Pemaparan yang disampaikan Dr Ari Sandhiavitri, Msc Dekan Fakultas teknik, menyampaikan perlu adanya peremajaan prasarana belajar dan mengajar seperti ruang kelas hingga peralatan laboratorium. Selain itu, juga perlu diperhatikan peningkatan kualitas kerja pegawai dalam pelayanan hingga pembuatan aplikasi pelayanan mahasiswa. (wendi.foto:rizki)***

FOLLOW US ON:
Unri-HKI Gandeng Lul
Unri Rancang Strateg

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: