Monday, Jun 18, 2018
HomeBeritaMahasiswa Miliki Peran Terhadap Pembangunan Bangsa

Mahasiswa Miliki Peran Terhadap Pembangunan Bangsa

IMG_3594

unri.ac.id “Peran pemuda dan peran mahasiswa tidak terlepas terhadap kemajuan pembangunan Indonesia. Peranan mahasiswa menjadi sangat penting karena mahasiswa adalah kelompok yang idealis yang terlepas dari pengaruh pihak manapun. Idealisme yang dimiliki mahasiswa membuat kami semangat melakukan perjuangan dalam membela kepentingan rakyat.” Demikan disampaikan Presiden Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Riau (Unri) Rinaldi Parepare saat opening ceremony Musyawarah Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM-SI) ke-XI tahun 2018.

Menurut Rinaldi, saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami kondisi terpuruk. Dari aspek ekonomi misalnya, saat ini masih banyak rakyat Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan. “Riau saja kita ambil contoh, di Propinsi Riau yang memiliki kekayaan alam, namun perusahaan perusahaan yang mengelolanya dikuasai oleh asing. Sungguh sangat ironi, Indonesia merupakan negara yang kaya dengan sumber daya alam yang dimilikinya tetapi untuk menyejahterakan kehidupan rakyat saja, negara ini belum mampu untuk melakukannya. Untuk itu, mahasiswa berperan penting dalam melakukan perubahan terhadap kondisi bangsa ini,” jelas Rinaldi.

IMG_3633

Sumber : HUMAS Universitas Riau

IMG_3702

Sumber : HUMAS Universitas Riau

Terkait perubahan ini, lanjut Rinaldi, BEM SI merupakan aliansi mahasiswa yang terbesar di Indonesia yang tetap representatif dan konsisten dalam membela kepentingan rakyat Indonesia. “Bem Unri masih mau bergabung dengan  BEM SI karena sampai saat ini aliansi BEM seluruh Indonesia ini masih konsisten mengawasi kebijakan pemerintah sebagai kekuatan oposisi dan penyeimbang yang menyuarakan aspirasi rakyat, dan menjadi gerakan mahasiswa yang tidak memiliki kepentingan lain, selain daripada kepentingan rakyat,” tambah Presiden Mahasiswa Unri ini.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Riau yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Setda) Propinsi Riau Ahmad Hijazi SE MSi sangat mengapresiasi gerakan mahasiswa BEM ini, karena pemerintah itu akan kuat jika ada kekuatan oposisi yang berfungsi sebagai kekuatan penyeimbang yang selalu mengingatkan.

IMG_3638

Sumber : HUMAS Universitas Riau

IMG_3528

Sumber : HUMAS Universitas Riau

IMG_3590

Sumber : HUMAS Universitas Riau

“Pemerintah akan kuat jika ada yang selalu mengingatkan, dalam hal ini gerakan mahasiswa ini sebagai kekuatan penyeimbang yang mengikatkan serta mengawasi pemerintah. Kami khususnya Pemerintah Provinsi Riau selalu memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam menyampaikan ide gagasan dan aspirasinya, sehingga apa yang mahasiswa sampaikan itu menjadi masukan bagi kami dalam membuat kebijakan. Diharapkan aliansi ini menjadi poros dari perjuangan mahasiswa, tempat berkreatifitas, belajar menjadi pemimpin, serta diharapkan juga menjadi taulada bagi seluruh mahasiswa,” harap Hijazi.

Sebelumnya, Tahun 2018 ini, Unri dalam hal ini BEM Unri diberikan kepercayaan  menjadi tuan rumah  dalam penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) ke XI tahun 2018. Kegiatan yang diselenggarakan dari tanggal 18 hingga 23 Februari 2018 di Gedung Sutan Balia FISIP Unri ini diikuti oleh seluruh delegasi BEM yang tergabung kedalam BEM SI.

IMG_3655

Sumber : HUMAS Universitas Riau

IMG_3590

Sumber : HUMAS Universitas Riau

Untuk menambah semangat peserta Munas, sebagai pengantar sebelum Sidang Munas, juga diselenggarakan Dialog Kebangsaan dan Sarasehan Nasional dengan menghadirkan pemateri yang berkompeten, diantaranya Letjen TNI Syarwan Hamid, salah satu tokoh militer dan politik Indonesia yang pernah menjadi Menteri Dalam Negeri pada Kabinet Reformasi Pembangunan. Selain itu, juga menghadirkan narasumber Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Prof Intan Ahmad PhD. (mukmin. foto: rizki)***

FOLLOW US ON:
Rumah Sakit Unri Seb
Ini Strategi Unit Le

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: