Friday, Aug 17, 2018
HomeBeritaInilah yang Dibangun Unri dan Mitra pada Awal Tahun 2018 untuk Pengembangan Pendidikan Akademik Mahasiswa

Inilah yang Dibangun Unri dan Mitra pada Awal Tahun 2018 untuk Pengembangan Pendidikan Akademik Mahasiswa

IMG_1547

unri.ac.id Pembangunan Sarana dan Prasarana dalam menunjang pembangunan di bidang pendidikan pada Universitas Riau (Unri) merupakan hal yang sudah sangat penting dilakukan oleh institusi untuk menyiapkan dan menghasilkan Sumber Daya Manusia yang memiliki mutu dan kualitas yang beradaya saing untuk menyongsong era Revolusi Industri 4.0.

Universitas Riau melalui wujud kerjasama dengan Yayasan Tanoto Foundation serta manajemen Perseroan Terbatas Andalan Pulp & Paper (PT. RAPP) membantu menyediakan sarana dan prasarana dalam menunjang pembangunan di bidang pendidikan tersebut.

Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, Rektor Universitas Riau, dalam kegiatan Syukuran Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Tanoto Pulp & Paper pada Komplek Kampus Fakultas Teknik Unri, Selasa (23/1) di Lobi Gedung Dekanat Fakultas Teknik Unri, menyampaikan apresiasinya terhadap sejumlah pihak yang telah memiliki komitmen untuk melakukan pembangunan di bidang pendidikan terutama di Unri ini.

IMG_1559

Sumber : HUMAS Universitas Riau

“Adanya pembangunan sarana dan prasarana ini merupakan tindak lanjut dari pendirian Program Studi (Prodi) Pulp & Kertas yang akan dibuka di Unri. Pendirian Prodi ini memberikan dinamika tersendiri pada Fakultas Teknik secara khusus, dan Unri secara umum. Pembukaan Prodi ini, juga akan kita sampaikan melalui kegiatan sosialisasi bagi calon mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019 pada Bulan Februari nanti,” terang Aras.

 “Prodi Pulp & Kertas adalah Prodi yang ke-93 dilahirkan di Unri. Saat ini kita meiliki sebanyak 35 ribu mahasiswa aktif, serta didukung oleh sebanyak 1.300 orang dosen, dan 600 orang tenaga administrasi. Inilah potensi Unri yang ada pada kita pada saat ini,” jelas Guru Besar di bidang Perikanan dan Kelautan ini dihadapan undangan.

 Pada kesempatan yang sama, Dr Ir Ari Sandhyavitri MSc, menyampaikan pembangunan sarana dan prasarana yang didirikan berkat bantuan Tonoto Fondation serta PT RAPP ini akan diwujudkan dalam beberapa pembangunan fisik untuk penunjang kegiatan akademik bagi Prodi Pulp & Kertas Unri, yang rencananya akan diberi nama Gedung Tanoto Pulp & Paper Center. “Selain pembangunan fisik bangunan ini, juga akan didirikan bangunan untuk kegiatan akademik mahasiswa, sekretariat mahasiswa pencinta alam (Mapala), laboratorium beserta isinya, perbaikan jalan kampus, lapangan bola basket, dan lainnya yang dipusatkan pada areal komplek Kampus Fakultas Teknik.”

IMG_1467

Sumber : HUMAS Universitas Riau

IMG_1417

Sumber : HUMAS Universitas Riau

“Kita (Fakultas Teknik Unri-red) merupakan satu-satunya Universitas yang ada di Indonesia di bawah Kementerian pendidikan yang mempunyai Prodi Pulp & Kertas. Kompetitor kita cuma ada di Thailand,” ungkap Ari.

Sihol Aritonang, Head of Tanoto Foundation, yang diwakili oleh ibu Marghareta, menyampaikan pendidikan adalah kunci mencapai Indonesia yang lebih baik. Dibutuhkan manusia yang bekompeten dalam kepemimpinan di Indonesia. “Oleh karena itulah, kami dari Tanoto Foundation ingin mendukung untuk mewujudkan dukungan pendidikan, yang mana dukungan untuk pendirian Prodi Pulp & Kertas ini sudah kita jajaki sejak 13 Juni 2017 dalam bentuk kerjasama Tanoto Foundation bersama Unri. Adapun sasaran yang kita harapkan pada kerjasama tersebut adalah untuk menunjang peningkatan software yang berupa perizinan, beasiswa, dan lain sebagianya. Selanjutnya Hardware yang berupa pembangunan gedung sarana dan prasarana di Unri.”

“Pembangunan hardware yang kita laksanakan ini, kami namakan Proyek Roro Jonggrang, proyek ini harus kami siapkan secepat mungkin untuk percepatan pelaksanaannya. Ada tujuh unit laboratorium yang bakal kita sediakan di dalam gedung ini. Selanjutnya enam ruang kelas, dua aula multi fungsi, satu unit open disscussion. Nantinya juga akan kita lakukan penerimaan sebanyak 60 orang untuk angkatan pertama bagi Prodi Pulp & Kertas ini,” terang Marghareta.

20180123_105325

Sumber : HUMAS Universitas Riau

“Terimakasih untuk Unri yang telah menyediakan bagi kami seluas 4300 meter persegi untuk melakukan pembangunan dalam menunjang kegiatan Akademik di Unri,” jelas perwakilan Tanoto Foundation ini.

Senada dengan Marghareta, Muhammad Ali Shabri Nasution, Operational Support Direktor PT RAPP juga menyampaikan apresiasinya terhadap kerjasama dengan Unri. “Kita siap membantu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Unri untuk dapat siap menghadapi persaingan dalam dunia kerja serta berinovasi untuk menciptakan SDM yang terampil pada diri mahasiswa UR.”

 Pada kesempatan itu, Drs Zardewan MM, Wakil Bupati Kabupaten Pelalawan juga turut hadir pada kegiatan ini. “Terimakasih kepada Unri yang telah bekerjasama dalam membangun vokasi Pulp & Kertas di bumi lancang kuning ini. Melalui pembukaan Prodi ini, kita berharap anak negeri baik itu lokal tempatan dapat berkontribusi untuk mampu bersaing agar bisa bermanfaat dalam dunia kerja.”

Pada kegiatan Syukuran Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Tanoto Pulp & Paper pada Komplek Kampus Fakultas Teknik Unri ini, ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Rektor Unri serta peletakan batu pertama pembangunan gedung diareal Komplek Kampus Fakultas Teknik Unri. (rabit) ***

FOLLOW US ON:
Unri Menyongsong Rev
Tahun ini, Unri Temp

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: