Tuesday, Dec 12, 2017
HomeBeritaHutan Serbaguna Muchtar Lutfi UR, Bawa Manfaat Hingga Lintas Generasi

Hutan Serbaguna Muchtar Lutfi UR, Bawa Manfaat Hingga Lintas Generasi

DCIM100MEDIADJI_0015.JPG

unri.ac.id Komitmen Universitas Riau (UR) dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan, diantaranya dilakukan melalui penghijauan kawasan Kampus Bina Widya UR Simpang Baru, Panam, Pekanbaru-Riau. Senin (27/11), Rektor UR, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA beserta unsur pimpinan Universitas serta fakultas melaksanakan penanaman pohon di beberapa lokasi yang telah kita siapkan. Lokasi dimaksud yaitu di kawasan Pembangunan Hutan Serbaguna Muchtar Lutfi, Komplek Kampus Bina Widya UR.

Rektor UR Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, menyampaikan realisasi dari gerakan penanaman pohon yang dilaksanakan melalui penanaman pohon di kawasan Hutan yang diberi nama “Kawasan Hutan Sebaguna Muchtar Lutfi” melalui model pengelolaan ruang terbuka hijau berbasis konservasi tanaman buah lokal. Realisasi ini merupakan hasil dari kerjasama Universita Riau dengan Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Indragiri Rokan.

IMG_8777

Sumber : HUMAS Universitas Riau

IMG_8738

Sumber : HUMAS Universitas Riau

“Pemeberian nama “Kawasan Hutan Sebaguna Muchtar Lutfi” ini merupakan suatu penghargaan civitas akademika UR kepada Rektor UR periode pertama yang telah berdedikasi penuh membagun UR  lebih maju dan melakukan perpindahan kampus dari Gobah ke Panam. Hutan serbaguna Muchtar Lutfi ini nanti di isi berbagai tumbuhan buah-buahan dan tanaman pohon. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat membawa manfaat yang besar dalam melestarikan lingkungan yang ada di UR,” ungkap Rektor.

Lebih lanjut, hutan serbaguna ini memiliki konsep berbentuk wisata yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan akademik, pengajaran, penelitian, bahkan masyarakat umum. “Mudah-mudahan UR sebagai contoh praktisi dalam melakukan pembangunan lingkungan berpendidikan ini sebagai tonggak Green Campus yang berkonsepkan Penelitan, Pengajaran, dan pengabdian masyarakat,” jelas Aras.

IMG_8716

Sumber : HUMAS Universitas Riau

IMG_8788

Sumber : HUMAS Universitas Riau

Ir Mintarjo MAA, Direktur Perbenihan Tanaman Hutan Direktorat Jenderal Pengendalian DAS dan Hutan Lindung, dalam hal ini juga menyampaikan melalui kerjasama ini banyak manfaat yang akan diperoleh dari pendidikan pengembangan penelian dan pengabdian untuk meningkatakan pariwisata dan pelestarian hutan. “Indonesia merupakan surga bagi bangsa ini dimana  sumber daya alam nilai dan manfaat yang ada di negeri ini. Kita hidup di negeri yang subur tetapi produktifitas kegiatan budidaya yg masih banyak terlantar.”

Lebih lanjut, Mintarjo mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk konkrit dalam mengelola sumber daya alam yang dikelola dengan baik, yang mana dengan lahan yang relatif luas perlu dijaga dan dilestarikan keberlangsungan lingkungannya.

IMG_8684

Sumber : HUMAS Universitas Riau

IMG_8606

Sumber : HUMAS Universitas Riau

IMG_8609

Sumber : HUMAS Universitas Riau

Pada kesempatan yang sama, Ita Budiarti Ningsi SE MM, yang merupakan satu diantara anak dari Muchtar Lutfi, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada UR yg telah mengabadikan nama Muchtar Lutfi Sebagai monumen kawasan hutan yang ada di UR. “Kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai lahan hijau yang ada di UR bukan hanya untuk civitas kademika tetapi juga masyarakat luas yang dapat merasakannya UR semakin hijau dan membawa bermanfaat, bahkan bagi generasi berikutnya hingga dikenang sampai ke anak cucu,” ungkapnya. (wendi. foto: rizki) ***

FOLLOW US ON:
Pentingnya Pengelola
Kunci Penyelesaian P

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: