Saturday, Nov 18, 2017
HomeBeritaAudit BPK RI Berikan Solusi pada Tata Kelola Keuangan di UR

Audit BPK RI Berikan Solusi pada Tata Kelola Keuangan di UR

IMG_7394

URNews. Meskipun universitas dengan status Badan Layanan Umum (BLU) sudah memiliki Satuan Pengawas Internal (SPI) yang berfungsi sebagai pengawas dalam bidang non-akademik untuk dan atas nama Rektor, namun pemerintah juga mewajibkan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) sebagai pengawas eksternal untuk mengawasi tata kelola demi terciptanya pengelolaan keuangan negara dan daerah yang transparan dan akuntabel.

IMG_7461

Sumber: Humas Universitas Riau

Hal inilah yang mendasari Tim BPK RI hadir di Universitas Riau (UR) untuk melakukan audit eksternal untuk memberikan kesimpulan hasil reviu atas sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. Demikian disampaikan Ketua Tim Audit BPK di UR, saat melakukan melakukan temu awal dalam melaksanakan audit eksternal di Universitas Riau, Selasa (14/11).

IMG_7403

Sumber: Universitas Riau

“Kami akan berada di Universitas Riau selama 40 hari untuk mengaudit pengelolaan keuangan UR tahun anggaran 2017. Audit yang akan dilakukan ini meliputi pengelolaan pendapatan, pemeriksaan belanja, pengelolaan pengeluaran, dan aset,” sebut Harliani Mustafa SE Ak MM, Tim Audit dari BPK saat di Ruang Senat Gedung Rektorat UR.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UR Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, menyampaikan agar kehadiran BPK di UR ini, dapat memberikan solusi bagi fakultas, lembaga, unit, serta satuan kerja yang ada di UR terhadap urusan tata kelola keuangan agar dapat tersusun dengan baik, sehingga pengelolaan keuangan di UR dapat berjalan sesuai dengan ketentuan.

IMG_7378

Sumber: Universitas Riau

“Kehadiran tim BPK ini dapat membantu dalam perbaikan dalam pengelolaan anggaran di Universitas Riau. Dengan adanya perbaikan dalam pengelolaan ini, maka diharapkan dapat mendorong tercapainya tata kelola keuangan yang baik di UR. Untuk itu, mari pahami tugas, fungsi dan peranan BPK ini, serta berikan informasi dan data yang dibutuhkan, sehingga dengan demikian, kita dapat bersama-sama melaksanakan pengawalan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel,” jelas Rektor. (mukmin/ foto: rizki)***

FOLLOW US ON:
Realisasi Kerjasama
Tingkatkan Daya Sain

budi@ict.unri.ac.id

Rate This Article: