Saturday, Nov 18, 2017
HomeBeritaGaleri Investasi Berikan Pemahaman dan Simulasi Tentang Pasar Modal

Galeri Investasi Berikan Pemahaman dan Simulasi Tentang Pasar Modal

IMG_4465

URNews. Galeri Investasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Riau (UR) bekerjasama dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT Phintraco Sekuritas menyelenggarakan kegiatan “Pekan Literasi dan Inklusi Pasar Modal 2017” yang dilaksanakan di Gedung Yudisium FEB UR, Senin (16/10).

“Investasi merupakan suatu kegiatan mengumpulkan aset atau aktiva dengan harapan mendapatkan keuntungan pada masa yang akan datang. Galeri investasi FEB ini, termasuk salah satu nominasi di Indonesia yang juga sudah melahirkan seribu investor.” Hal ini diungkapkan Ketua Pelaksana kegiatan, Darmayuda SE MSi.

IMG_4530

Sumber : Humas Universitas Riau

“Ini merupakan kegiatan tahun kedua dalam bentuk even galeri berbentuk launching di ikuti sembilan perguruan tinggi akan dilaksanakan mulai dari 16-19 Oktober 2017 mendatang, meliputi beberapa kegiatan seperti Seminar, Kompetisi pasar modal, pameran, parade akustik, bazar kewirausahaan,” ujar Darmayuda.

Pada pembukaan kegiatan tersebut, Rektor UR, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, menyampaikan informasi dan data yang ada di Galeri Investasi dapat digunakan oleh UR untuk tujuan akademik dan penelitian, disamping sebagai referensi dalam pengambilan keputusan saat melakukan transaksi jual dan beli Efek. Selain memberi informasi secara teoritis, di Galeri Investasi masyarakat dan pihak kampus juga bisa praktik bagaimana melakukan transaksi di pasar saham.

“Melalui Galeri Investasi, diharapkan dapat saling memberikan manfaat bagi semua pihak sehingga penyebaran informasi pasar modal lebih tepat sasaran. Selain itu dapat memberikan manfaat yang optimal bagi mahasiswa, praktisi ekonomi, investor, pengamat pasar modal maupun masyarakat umum di daerah, baik untuk kepentingan edukasi dengan dilakukannya kegiatan sosialisasi pasar modal secara berkesinambungan maupun untuk kepentingan ekonomis atau sarana investasi,” ungkap Aras.

IMG_4382

Sumber : Humas Universitas Riau

Lebih lanjut, Rektor menyampaikan UR telah melaksanakan berbagai kegiatan dan pelatihan Desa binaan yang bertujuan memberikan informasi tentang investasi yang benar dan baik. “Berbagai kegiatan dan pelatihan Desa binaan, kita kembangkan untuk memberikan informasi tentang investasi yang benar dan baik.”

Pada kesempatan itu, Direktur Bursa Efek Indonesia  (BEI) Samsul Hidayat, menyampaikan BEI telah bekerjasama dengan Perguruan Tinggi dan Perusahaan Sekuritas untuk menempatkan Galeri Investasi di berbagai kampus Perguruan Tinggi, sebagai sarana untuk memperkenalkan Pasar Modal sejak dini kepada dunia akademisi.

“Galeri Investasi tidak hanya memberikan pengunjung sebuah pemahaman pasar modal secara teori, melainkan juga memberikan kesempatan untuk melakukan simulasi serta bertransaksi secara langsung dan real time. Di dalam Galeri Invetasi, tersedia berbagai informasi mengenai pasar modal termasuk ketentuan pasar modal,” ujar Samsul.

Adapun pendirian galeri tersebut, Samsul menerangkan, bahwa dengan mengusung konsep 3 in 1 yang bekerja sama dengan perguruan tinggi dan perusahaan sekuritas, diharapkan dapat memasyarakatan dan memberikan edukasi pasar modal di lingkungan akademisi dan masyarakat sekitar.

IMG_4559

Sumber : Humas Universitas Riau

Senada dengan hal ini, Yusri selaku kepala Otorita Jasa Keuangan (OJK) Pekanbaru galeri Investasi merupakan salah satu sarana edukasi untuk mempelajari bagaimana berinvestasi di pasar modal. “OJK berinisiatif mendorong BEI dan perusahaan sekuritas untuk merevitalisasi fungsi Galeri Investasi yang telah ada agar manfaatnya tidak dirasakan hanya oleh civitas akademika tetapi juga oleh masyarakat sekitar kampus,” ujar Yusri.

Dijelaskan Yusri, galeri investasi ini juga sebagai upaya OJK untuk terus meningkatkan literasi keuangan dan akses terhadap produk serta layanan jasa keuangan di pasar modal. “Saat ini tingkat literasi keuangan di pasar modal masih relatif rendah, rendahnya tingkat literasi dan inklusi keuangan di sektor pasar modal tersebut menyebabkan minat masyarakat dalam memanfaatkan produk keuangan di pasar modal sebagai salah satu instrumem investasi juga relatif lebih rendah dibandingkan industri jasa keuangan lainnya,” imbuhnya.

Selain pembukaan Pekan Literasi dan Inklusi Pasar Modal 2017 ini, UR juga melaksanakan  Mou antara PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan PT Phintraco Sekuritas. Turut hadir dalam kegiatan ini, yakni Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Wakil Dekan Bidang Akademi dan mahasiswa FEB UR. (wendi) ***

FOLLOW US ON:
Seminar Nasional Pel
UR Fasilitasi Revita

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: