Friday, Dec 15, 2017
HomeBeritaData Hasil Survei Tim Survei UKT UR segera di Proses

Data Hasil Survei Tim Survei UKT UR segera di Proses

20170914_144556

unri.ac.id Tim Survei Uang Kuliah Tunggal (UKT) Universitas Riau (UR) tahun 2017, mempresentasikan hasil-hasil survei yang dilakukan Tim Survei UKT UR pada hari Kamis (11/9) di ruang DPH gedung Rektorat UR. Tim Survei UKT UR melaksanakan survei pada tanggal 21 hingga 25 Agustus 2017.

“Pada hari ini (Kamis, 11 September 2017-red) kita melakukan presentasi Tim Survei UKT UT untuk mengamati dan mempelajari hasil-hasil yang diperoleh pada masa survei sebagai bahan rekomendasi bagi universitas untuk menjadi pertimbangan bagi pimpinan universitas dalam menerapkan serta menetapkan kebijakan-kebijakan dalam urusan uang kuliah mahasiswa UR.” Hal ini disampaikan Ketua Tim Survei UKT, Dr Zulfikar Jauhari ST MT.

Pada tahun ini UR menyurvei beberapa mahasiswa baru UR tahun akademis 2017/2018 dari sampel yang diambil oleh Tim Survei UKT IR. “Pada tahun ini UR mengambil beberapa lokasi rumah tinggal mahasiswa baru di beberapa wilayah yang ada di Propinsi Riau, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat,” jelas Zulfikar.

20170914_151923

 Sumber : Humas Universitas Riau

Dari hasil survei yang dilakukan Tim Survei UKT UR, hampir terdapat beberapa mahasiswa yang terindikasi melakukan penipuan data yang diberikan ke universitas dengan kondisi lapangan yang ada. “Kita dari Tim Survei UKT UR penempatan di wilayah kota Pekanbaru, menemukan data yang tidak sama dengan data yang ditemui oleh tim di lapangan, seperti kondisi rumah tinggal, penghasilan orang tua, besaran pembayaran listrik, maupun data aset yang dimiliki oleh orang tua mahasiswa bersangkutan,” terang Anah Romi selaku satu di antara Tim Survei UKT UR.

“Kita berharap, tahun depan survei UKT terus dapat dilakukan, melihat kondisi data yang diperoleh dari lapangan, hampir terdapat indikasi adanya upaya pemalsuan data yang dilakukan oleh mahasiswa. Dari hasil yang diperoleh dapat dijadikan dasar pertimbangan bagi pimpinan UR dalam menetapkan dan melaksanakan kebijakan sanksi bagi mahasiswa yang terindikasi adanya pemalsuan data,” jelas Romi.

Mengingat pentingnya hasil-hasil pantauan yang diperoleh Tim Survei UKT yang dilaksanakan tim dari Tanggal 21 hingga 25 Agustus 2017, maka kita rekomendasikan agar tim survei ini dapat dikolaborasikan personilnya untuk dapat mendampingi Tim Sosialisasi UKT UR. Tim sosialisasi UKT UR merupakan tim dari universitas yang berfungsi untuk memberikan penjelasan tentang informasi pembayaran uang kuliah di UR.

“Hasil yang diperoleh dari pantauan Tim UKT UR ini, diharapkan dapat menjadi bahan pula untuk dapat disampaikan kepada calon mahasiswa baru UR melalui agenda tim sosialisasi UKT UR yang dilakukan di awal masa pendaftaran penerimaan mahasiswa baru UR,” jelas Zulfikar.

“Begitu pula dari hasil survei yang dilakukan Tim Survei UKT UR, akan kita bawa ke pimpinan untuk menjadi bahan pertimbangan untuk membuat kebijakan serta pelaksanaan peraturan terkait dengan penerapan UKT mahasiswa UR,” terang Zulfikar. (Tim pemberitaan UR) ***

FOLLOW US ON:
Lomba Menulis Artike
UR-DPD RI Bahas Tent

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: