Saturday, Sep 23, 2017
HomeBeritaUR Menjadi Daya Tarik Bagi Pengunjung Ritech Expo 2017

UR Menjadi Daya Tarik Bagi Pengunjung Ritech Expo 2017

20170810112409_IMG_9371

unri.ac.id Kamis (11/8), Universitas Riau (UR) pada Ritech Expo tahun 2017 yang dilaksanakan pada tanggal 10-13 Agustus 2017 di Kota Makassar, menampilkan Amphibious All Terrain Vehicle (AATV), serta menampilkan aplikasi Serc Integreted System. Pada rangkaian kegiatan tersebut, UR juga hadir menyampikan seminar bisnis dengan topik pembahasan tentang Optimunisasi Sumber Daya Laut dan Penyatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Menggunakan Produk Alat Kemaritiman Dalam Negeri. Topik pembahasan ini sejalan dengan produk aplikasi Serc Integreted System yang ditampilkan pada stand pameran UR.

Dodi Sofyan Arief MT, Kepala Laboratorium Fakultas Teknik UR menyampaikan, yang menjadi topik seminar bisnis yang akan disampaikan UR adalah tentang melihat kondisi lemahnya sistem keamanan transportasi kemaritiman yang ada di negara Republik Indonesia ini. Indonesia adalah negara yang besar dengan memiliki bentangan luas lautan yang sangat besar dan potensi alam yang juga kaya akan nilai materi dan non materi.

“Terkait dengan topik seminar tersebut, kita melihat Republik Indonesia (RI) adalah negara kesatuan dan negara lintas benua yang terletak terutama di Asia Tenggara di antara lautan India dan Pasifik, yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia mempunyai lebih dari 17 ribu pulau dan luasan sebesar 1,9 juta kilometer persegi. Dengan kodisi alam tersebut, pemerintah seharusnya mempunyai alat-alat kemaritiman untuk memantau pencuri ikan dan bajak laut dan optimunisasi sumber daya laut. Menjawab tantangan tersebut, makalah ini mempresentasikan produksi kemaritiman dalam negeri yang dapat mengoptimuman sumber daya hasil laut dan juga  penyatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) secara integritas,” jelas Dodi.

“Oleh sebab itulah, melalui forum pertemuan pada seminar bisnis tersebut nantinya, dapat menjadi pertemuan dalam membangun kerjasama penelitian internasional yang menyangkut tentang kemaritiman. Selain itu juga dapat meningkatkan kolaborasi penelitian lintas pengetahuan dan transformasi pengetahuan, serta dapat menjadi bagian dari kontribusi dalam memberikan solusi untuk persoalan dalam bidang kemaritiman,” terang Dodi.

Pada kegiatan Ritech Expo, UR juga menampilkan Amphibious All Terrain Vehicle (AATV). AATV adalah kendaraan amfibi segala medan, dan dapat melewati area terbatas, seperti medan off road, darat, serta perairan. Tujuan perancangan dan pembuatan AATV ini, secara spesifik adalah untuk memberikan alternatif dalam memilih jenis sproket, rantai, poros, pasak, serta bantalan yang dipilih berdasarkan beban yang bekerja, serta diameter poros berdasarkan beban yang bekerja dari engine dan berat total keseluruhan kendaraan,” jelas Dodi.

“Melalui produk penelitian ini, kita tentunya menginginkan secara spesifik dapat memberikan manfaat solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di sekitar kehidupan kita sehari-hari, baik dalam skala kecil maupun besar. Berkaitan hal itulah, melalui kegiatan Ritech Expo tahun 2017, kita selaku pihak dari perguruan tinggi yang diberikan ruang untuk memamerkan karya inovasi, bersama-sama dengan pihak industri maupun swasta yang juga memperoleh kesempatan menampilkan karya-karyanya, dapat mewujudkannya dalam kegiatan ini sebagai bagian dari implementasi semangat Kebangkitan Teknologi secara Nasional bagi bangsa ini,” terang Dodi. (wendi) ***

FOLLOW US ON:
Ritech Expo 2017, UR
Gubri Dorong UR Untu

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: