Friday, Dec 15, 2017
HomeBeritaUR Berikan Wawasan Peningkatan Kompetensi Bidang Kontrol Industri, kepada Peserta Didik Bidang Teknik

UR Berikan Wawasan Peningkatan Kompetensi Bidang Kontrol Industri, kepada Peserta Didik Bidang Teknik

IMG_9146

unri.ac.id Melalui kerjasama hibah Laboratorium Vokasi Mekatronika dari Perseroan Terbatas (PT) Tunaskarya Indoswasta pada bulan November 2016 lalu, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Riau (FT-UR) memberikan pelatihan kepada mahasiswa untuk mengoperasikan alat-alat ukur kelistrikan serta memahami cara kerja pada komponen-komponen elektronika yang banyak ditemukan dalam sistem pengendali pada mesin-mesin industri.

Dekan FT UR, Dr Ir Ari Sandhyavitri MSc, memberikan apresiasi kepada PT Tunaskarya Indoswasta yang telah menghibahkan Laboratorium Vokasi Mekatronika kepada FT, serta mau memberikan pelatihan khusus untuk mengoperasikan peralatan yang dihibahkan tersebut. “Peralatan Laboratorium yang telah dihibahkan ini, bisa kita digunakan untuk mendidik dan memberikan pelatihan khusus kepada mahasiswa agar lulusan lulusan UR mempunyai kompetensi dibidang kontrol industri yang memberikan peluang lebih besar diterima di industri-industri berbasis teknologi kontrol,” jelas Ari.

Pelatihan ini sejalan dengan kebijakan Pemerintahan Jokowi dalam rangka menyiapkan ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal untuk mendorong peningkatan produktivitas industri nasional. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja industri yang semakin meningkat, perlu diantisipasi dengan pengembangan pendidikan vokasi yang berorientasi pada kebutuhan pasar kerja saat ini.

IMG_9163

Sumber : HUMAS Universitas Riau

“Peserta yang telah mengikuti pelatihan ini, akan mendapatkan sertifikat serta memperoleh pengakuan dari UR dan PT Tunas Karya Indoswasta, sebagai penyalur tenaga kerja di seluruh kawasan Industri Batamindo, Batam. Sertifikat ini juga akan memberikan peluang lebih besar untuk bisa diterima bekerja di industri-industri besar, karena  saat ini industri tidak hanya mengandalkan ilmu, tetapi juga melihat keterampilan dari tenaga kerja tersebut,” Jelas Dekan FT UR ini.

Ketua Panitia Kegiatan Pelatihan Teknologi Kontrol Industri, M Dalil ST MT, disela-sela kegiatan, menyebutkan pelatihan yang berlangsung selama sepuluh hari terhitung tanggal 31 Juli sampai dengan 10 Agustus 2017 ini, menghadirkan Sonny A Adi sebagai narasumber dari PT Tunaskarya Indoswasta yang ahli di bidang kontrol Industri.

“Pelatihan ini diikuti oleh para teknisi junior bidang elektrikal, mekanik dibidang mesin-mesin industri yang dikontrol secara elektronik, mahasiswa elektrikal maupun eletronik, serta mekanik yang ingin menambah pengetahuan di bidang elektro dan elektronika,” jelas Dalil. (mukmin)***

FOLLOW US ON:
Penetapan Nama-Nama
MTQMN XV di Malang,

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: