Sunday, Sep 24, 2017
HomeBerita1741 Orang Peserta Ujian Mandiri, Ramaikan Empat Kampus Fakultas yang ada di UR

1741 Orang Peserta Ujian Mandiri, Ramaikan Empat Kampus Fakultas yang ada di UR

IMG_9455

unri.ac.id. Dalam rangka menjaring minat peserta didik yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, maka Universitas Riau (UR) membuka penerimaan calon mahasiswa baru UR Tahun Ajaran 2017/ 2018 dengan melaksanakan ujian Jalur Mandiri UR, Kamis, (27/7) di beberapa Fakultas yang ada di UR.

Kepala Biro Akademis dan Kemahasiswaan UR, Azhar Kasymi SH, mengatakan pembukaan ujian jalur mandiri ini, dilakukan mengingat banyak calon mahasiwa yang ingin masuk ke UR. “Di samping banyaknya peminat yang berkeinginan melanjutkan kuliah di UR, dengan daya tampung UR yang masih dibuka pada beberapa fakuktas, di antaranya yaitu Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknik (FT), dan Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK)”.

IMG_9447

Sumber : HUMAS Universitas Riau

Sebelumnya telah dilaksanakan penerimaan calon mahasiswa baru beberapa bulan lalu. Penerimaan calon mahasiwa dimaksud adalah penerimaan melalui jalur penerimaan nasional tertulis, yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dan jalur penerimaan Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD).

Lebih lanjut, Azhar, menyampaikan ada tiga Fakultas dan satu Program Studi (Prodi) Ilmu Keperawatan yang disediakan bagi calon mahasiwa untuk memilihnya, dengan jenjang pendidikan jalur Diploma Tiga (D3) dan Transfer D3 ke Strata Satu (S-1).

Pada pelaksanaan ujian mandiri ini, ada sebanyak 1741 peserta  yang mengikuti, dengan lokasi ujian dilaksanakan di empat lokasi, yaitu di kampus FE, FMIPA, FT, dan kampus PSIK.

IMG_9433

Sumber : HUMAS Universitas Riau

“Kita tahu jumlah peminat masuk UR begitu banyak, akan tetapi kita berusaha untuk memberikan mereka kesempatan dengan jalur yang kita siapkan. Oleh karenanya, kesempatan ini hendaknya dapat dimanfaatkan bagi calon mahasiswa untuk serius dalam mengikuti tes ujian masuk, karena walau bagaimanapun kemampuan dari peserta harus dibuktikan caranya dengan lulus hasil ujian,” jelas Azhar.

Memang dalam tes tersebut terjadi kompetisi calon peserta untuk merebut bangku yang tersedia, dan itu diperuntukkan bagi mereka yang lulus tes. “Pada jalur mandiri ini hanya menerima sebanyak 573 mahasiswa, yakni Fakultas Ekonomi 240 mahasiswa, FMIPA 20 mahasiswa, Fakultas Teknik 273 mahasiswa, dan PSIK 40,” terang Azhar.

“Panita melakukan penilaian secara obyektif, hasil kelulusan ditentukan oleh ujian tertulis yang dikerjakan oleh calon peserta, karena dari usahanyalah dalam mengerjakan soal-soal ujian agar bisa lulus penerimaan, bukan orang lain,” kata Biro Kemahasiswaan dan UR ini menerangkan. (wendi) ***

FOLLOW US ON:
International Semina
Penetapan Nama-Nama

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: