Wednesday, Jul 26, 2017
HomeBeritaMaraknya Berita “Hoax”, LPM Bahana Mahasiwa Kupas Media Anti “Hoax”

Maraknya Berita “Hoax”, LPM Bahana Mahasiwa Kupas Media Anti “Hoax”

BAHANA

unri.ac.id Perkembangan teknologi digital sudah merambah hingga keberbagai kalangan. Perkembangan itu menimbulkan kecenderungan manusia dalam mengkonsumsi apapun isi dari berita atau informasi yang ada menjadi sulit untuk membendung, sehingga benar atau tidaknya isi dari suatu informasi, menjadi suatu hal yang sulit untuk dicari kebenarannya.

Di satu sisi, perkembangan teknologi memberikan banyak keuntungan, diantaranya aksesibilitas berita menjadi semakin tinggi, berita juga semakin cepat untuk dapat diperoleh dan didistribusikan ke pengguna informasi. Namun disisi lain, perkembangan tekonologi juga mendorong adanya efek negatif, di antaranya adalah banyaknya berita yang tidak jelas kebenaran informasinya atau tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Untuk menyikapi maraknya informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan yang akhir-akhir ini marak di tengah masyarakat, atau yang sering di kenal dengan istilah hoax, maka Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Riau (LPM UR) Bahana Mahasiswa akan menggelar “Seminar Media Anti Hoax” pada  tanggal 17 Juli 2017 mendatang, yang bersempena dengan tanggal lahirnya Bahana Mahasiswa UR,” terang Suryadi, Pemimpin Umum LPM Bahana Mahasiswa UR.

Pimpinan Umum Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Riau, Suryadi (FOTO_ ISTIMEWA)

Pimpinan Umum Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Riau, Suryadi (FOTO_ ISTIMEWA)

“Seminar media anti hoax ini diselenggarakan karena maraknya informasi bohong yang tersebar melalui media sosial saat ini. Perkembangan teknologi seolah-olah tak mampu membendung informasi yang jauh dari proses verifikasi. Bagi orang yang tidak memahami proses mencari kebenaran tersebut, akan menjadi penyumbang berita bohong dengan cara ikut menyebarluaskannya,” sebut Suryadi.

Kegiatan yang akan dilaksanakan di Aula Serbaguna Rektorat UR ini akan menghadirkan tiga orang narasumber, yaitu Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo, Pendiri Yayasan Pantau, Andreas Harsono, dan General Manager Riau Pos Group, Zulmansyah Sekedang.

Seminar nasional ini, lanjut Suryadi, merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari ulang tahun LPM Bahana UR yang ke 34 tahun. “Selain Seminar Media Anti Hoax, LPM Bahana Mahasiswa juga akan melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati ulang tahun Bahana Mahasiswa ke-34, diantaranya Peluncuran Buku dan Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Nasional,” jelas Suryadi.(mukmin)***

FOLLOW US ON:
Libatkan Unsur Terka
Teknologi Informasi

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: