Wednesday, Jul 26, 2017
HomeBeritaKemauan dan Strategi Kunci dalam Menerbitkan Jurnal pada Publikasi Ilmiah

Kemauan dan Strategi Kunci dalam Menerbitkan Jurnal pada Publikasi Ilmiah

IMG_8691

unri.ac.id Upaya untuk meningkatkan mutu akademik dan kualitas pembelajaran di Perguruan Tinggi sangat diperlukan. Selain itu peningkatan atmosfir akademik melalui peningkatan kualitas penelitian dosen dan mahasiswa untuk publikasi International juga sangat dibutuhkan. Peningkatan mutu dan atmosfir ini diperlukan untuk mendorong kreativitas baik mahasiswa maupun dosen untuk meningkatkan wawasan keilmuan serta memupuk bakat meneliti sejak dini dan membuka wawasan global melalui pencarian referensi dari berbagai sumber.

Latar belakang inilah yang menjadi dasar penyelenggaraan kegiatan Workshop Strategi Penyusunan Jurnal Ilmiah untuk Publikasi internasional yang ditaja oleh Program Pascasarjana Universitas Riau (UR) dalam rangka meningkatkan kualitas penelitian dosen dan mahasiswa untuk publikasi International Pascasarjana UR yang dilaksanakan di Gedung Pascasarjana ruang Serbaguna Kampus UR Pattimura Gobah, Kamis (13/7).

IMG_8687

Sumber : HUMAS Universitas Riau

“Menerbitkan jurnal ke dalam publikasi ilmiah membutuhkan kemauan dan strategi yang baik agar berhasil. Hanya jurnal yang terpilih dan berkualitaslah yang memiliki kesempatan untuk dimuat. Hal ini seringkali menjadi kendala bagi para dosen dan peneliti yang belum memahami betul strategi dalam menerbitkan jurnal di tingkat internasional,” ungkap Rektor UR,  Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA pada sambutannya membuka acara dimaksud.

“UR selalu mendorong para dosen, mahasiswa, maupun peneliti agar menjadi penulis aktif di bidangnya masing-masing. Dorongan inilah kita wujudkan melalui kegiatan workshop dan pelatihan penulisan jurnal secara berkala,” terang Aras.

Tujuan dari publikasi International sendiri, di antaranya adalah untuk menjalin kerjasama dengan peneliti mitra di luar negeri, membina penelitian khususnya dalam meningkatkan kualitas penelitian dosen dengan menciptakan wahana dan suasana kondusif antar peneliti, mewujudkan akuntabilitas penelitian yang dilaksanakan dosen, dan meningkatkan kemampuan dan budaya meneliti dan menulis hasil penelitian dari kalangan dosen pada jurnal bertaraf international.

“Untuk mengantisipasi kelemahan peneliti dalam mendesminasikan atau mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal bertaraf internasional, maka perlu dilakukan pendampingan tenaga ahli dalam penulisan paper, pemilihan jurnal sesuai dengan bidang dan hasil penelitiannya dalam jurnal internasional, dan bagaimana cara untuk mensubmitkan artikel tersebut ke jurnal International,” jelas Aras kepada peserta.

IMG_8692

Sumber : HUMAS Universitas Riau

“Kita berharap, Workshop ini dapat menjadi motivasi para dosen Mahasiswa UR pro aktif dalam kegiatan publikasi ilmiah, karena pada lingkup penelitian masih dirasa kurang maksimal dalam hal publikasi jurnal ilmiah. Oleh karena itulah, motovasi ini perlu kita tingkatkan lagi. Semoga dengan adanya workshop ini, dapat membawa manfaat bagi para dosen dan mahasiswa yang ingin menambah wawasan, dengan tujuan untuk membangun sebuah kultur publikasi jurnal ilmiah yang baik. Kegiatan ini akan terus kita galakkan untuk senantiasa menjadikan UR sebagai universitas berbasis riset,” tutup Aras.

Acara yang ditaja dalam bentuk workshop ini, diikuti oleh 100 orang peserta dari unsur dosen, peneliti, dan mahasiswa UR dengan berbagai judul materi yang disampaikan dari narasumber yakni materi tentang penguatan publikasi ilmiah jurnal internasional bereputasi oleh Dr Adjie Ahmad Rinaldo Fernandes S Si MSc, dan materi tentang penguatan metode penelitian kuantitatif: permodelan struktural WarpPLS oleh Dr Solimun MS. (wendi) ***

FOLLOW US ON:
UR Laksanakan “Joi
Libatkan Unsur Terka

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: