Saturday, Nov 18, 2017
HomeBeritaMahasiswa Harus Siap Berperan dalam Masyarakat

Mahasiswa Harus Siap Berperan dalam Masyarakat

IMG_7744

unri.ac.id “Setiap mahasiswa sebagai unsur generasi muda harapan bangsa harus siap berperan sejalan dengan tugasnya. Tugas tersebut antara lain adalah menimba ilmu yang bermanfaat agar berguna di masa depan. Artinya, dalam menuntut ilmu senantiasa berinteraksi dengan seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang sangat majemuk, serta senantiasa ikut serta memantau dinamika perkembangan pada masyarakat,” demikian motivasi yang disampaikan Kepala Staf korem 031 Wira Bima  (kasrem) inyoman parwata SE MSI MTr (Han) pada kegiatan kuliah umum pada acara pelepasan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau (UR) di SKA Co-Ex Kamis 6 Juli 2017.

IMG_7983

Sumber : HUMAS Universitas Riau

“Mahasiswa harus berwawasan nusantara, mahasiswa dituntut memiliki kepribadian yang luhur. Komponen yang paling kuat untuk bela negara ada di perguruan tinggi. Mahasiswa bisa menjadi kader intelektual bela negara. Karena itulah, sangat penting implementasi dalam menumbuhkembangkan rasa nasionalisme sejak dini. Saat ini, generasi muda mulai seakan jauh dari jati diri bangsanya. Oleh karena itu, rasa nasionalisme dan patriotisme perlu kita bangkitkan lagi dalam diri setiap individu generasi muda kita saat ini. Tanpa rasa nasionalisme dan patriotisme, bangsa seolah tidak ada ruhnya,” jelas Inyoman.

Inyoman mengingatkan, rasa nasionalisme harus dimulai dari dibangunnya kesadaran dalam berbangsa dan bernegara. Kesadaran bahwa kita adalah warga negara, itulah yang harus dibangun lebih dahulu serta dimunculkan. “Mari kita bangun rasa nasionalisme melalui kesadaran dalam berbangsa dan bernegara. Melalui kesadaran bahwa kita adalah warga negara, itulah yang harus dibangun lebih dahulu,” jelas Inyoman.

Pada kegiatan kuliah umum pelepasan mahasiswa KKN UR dengan tema “Mahasiswa, Patriotisme, Bela Negara,” Danrem 031/Wirabima, Kolonel Inf Abdul Karim meminta mahasiswa turut serta berperan dalam menjaga keamanan negara.

“Kita berharap, mahasiswa peserta KKN UR ini dapat selalu menjaga keamanan. Karena ingat bahwa kalian adalah harapan orang-orang terdekat kalian. Kalian adalah harapan orang tua, keluarga, teman sejawat. Namun lebih dari pada itu, pada akhirnya kalian adalah harapan bangsa dan negara yang mampu membawa kontribusi nyata baik bagi diri sendiri, maupun masyarakat,” jelas Danrem.

IMG_7949

Sumber : HUMAS Universitas Riau

“Pelaksanaan KKN ini adalah wadah bagi mahasiswa dalam menuangkan ilmu sesuai dengan bidang keilmuannya, dan lingkungan masyarakat adalah dunia nyata bagi mahasiswa untuk merealisasikan bidang keilmuannya agar dapat berguna bagi masyarakat. Oleh karena itu, selalulah melakukan koordinasi dengan masyarakat sekitar serta terus belajar dari kehidupan sekitar untuk membangun tempat dimana saudara melaksanakan KKN,” harap Abdul Karim.

Pelaksanaan KKN UR ini berlangsung dari bulan Juli hingga September 2017 yang penyelenggaraannya di kelola oleh UR melalui Lembaga Penelitian  dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UR. (wendi) ***

FOLLOW US ON:
Mahasiswa Baru UR 20
Sebanyak 92 Judul Pr

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: