Monday, Nov 20, 2017
HomeBerita4 Komponen ini Hantarkan UR pada Peringkat ke-16 Di Indonesia

4 Komponen ini Hantarkan UR pada Peringkat ke-16 Di Indonesia

Prof Dr Ir Usman M Tang MS

unri.ac.id Berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun 2017 ini, Universitas Riau (UR) berada pada peringkat ke-16 dari sebanyak 3244 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di Indonesia.

Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UR, Prof Dr Ir Usman M Tang MS saat dijumpai tim redaksi pemberitaan UR, menyebutkan klasifikasi dan pemeringkatan Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh Kemenristekdikti setiap tahunnya ini, menyimpulkan bahwa UR berada pada peringkat ke-16 dimana pada tahun sebelumnya UR berada di peringkat ke-20.

Sumber_ www.ristekdikti.go.idSumber : www.ristekdikti.go.id

“Pada tahun 2017 ini, dilihat dari empat aspek penilaian, yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), Kemahasiswaan, Akreditasi, serta Penelitian dan Publikasi, UR memiliki komponen yang tertinggi pada bidang Penelitian dan Publikasi. Namun pada bidang akreditasi, UR berada dalam tahap peningkatan, yang mana saat ini UR berpredikat akreditasi B,” jelas Aras.

Dilihat dari nilai skor masing-masing komponen penilaian peringkat Perguruan Tinggi, penilaian komponen SDM UR berada pada peringkat ke-22, Kemahasiswaan pada peringkat peringkat ke-54, Akreditasi pada peringkat ke-135, serta Penelitian dan Publikasi pada peringkat ke-13. Maka saat di konversi, UR berada pada peringkat ke-16, serta jika dibagi menurut cluster, UR berada pada cluster 2.

“Posisi pemeringkatan UR saat ini, tentunya menjadi tantangan bagi seluruh civitas akademika UR untuk bisa mempertahankan, meningkatkan, serta memperbaiki kelemahan yang terdapat pada empat komponen penilaian ini, terutama pada komponen akreditasi. Jika Akreditasi UR bisa naik ke peringkat A, maka saat pemeringkatan Perguruan Tinggi selanjutnya, UR diharapkan bisa naik lagi ke cluster 1 (10 besar, red),” tambah Ketua LPPMP ini.

“Jika cluster kita tinggi, maka UR tentunya akan semakin diperhitungkan, baik pada skala nasional maupun internasional. Peringkat ini juga akan meningkatkan peminat calon mahasiswa untuk kuliah di UR. Begitu juga dengan perusahaan-perusahaan besar akan lebih memperhitungkan UR untuk menjadi mitra, karena UR memiliki rangking yang bagus.

Pada kesempatan berbeda, Rektor UR Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, menyampaikan prestasi yang telah dicapai itu bisa dijadikan sebagai tolak ukur untuk lebih eksis dan produktif di tengah kondisi ketatnya persaingan global. Sebagai lembaga pendidikan tinggi, UR selalu memberi dorongan sesuai dengan kemampuan yang ada.

“Perolehan UR pada peringkat ke-16 di Indonesia, merupakan sebuah prestasi yang sangat membanggakan. Selaku pimpinan UR, saya sangat mengapresiasi semua unsur yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung telah mendedikasikan dirinya untuk peningkatan kualitas pendidikan di UR hingga saat ini,” ungkap Rektor UR.

“Sasaran utama kita bukan hanya sekedar rangkingnya, melainkan apa yang telah kita lakukan bersama Universitas ini (UR, red). Dari keempat komponen penilaian pemeringkatan Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh Kemenristekdikti, yang perlu diperhatikan lagi adalah perwujudan dari aspek penelitian, pengabdian, dan penemuan-penemuan yang dihasilkan oleh universitas dapat lebih bisa digunakan dan bermanfaat oleh masyarakat dan dunia kerja, yakni sesuai dengan motto kita, Universitas Riau, Jantung Hati Masyarakat Riau. (mukmin) ***

FOLLOW US ON:
Jadwal Pembayaran SP
3 Hingga 31 Juli 201

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: