Sunday, Apr 23, 2017
HomeBerita13 April 2017, UR Perkuat Peta Jalan Reformasi Birokrasi Melalui Bimtek

13 April 2017, UR Perkuat Peta Jalan Reformasi Birokrasi Melalui Bimtek

Foto Pendukung

unri.ac.id Reformasi birokrasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan good governance. Melihat pengalaman sejumlah negara, menunjukan bahwa reformasi birokrasi merupakan langkah penting untuk mencapai kemajuan sebuah Negara. Dalam pelaksanaannya, reformasi birokrasi, dilakukan melalui penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang tidak hanya efektif dan efesien tapi juga reformasi birokrasi menjadi tulang punggung dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Reformasi birokrasi inilah yang diterapkan dijajaran kementerian dan lembaga pemerintah.

“Mereformasi birokrasi dan pelaksanaan jalannya kelembagaan memang sudah saatnya dilakukan sesuai dengan tuntutan situasi dan kondisi saat ini. Dimana birokrasi dituntut untuk dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional. Birokrasi merupakan faktor penentu dalam mencapai tujuan pembangunan nasional. Oleh sebab itu cita-cita reformasi birokrasi adalah terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang professional, memiliki kepastian hukum, transparan, partisipatif, akuntable dan memiliki kredibilitas serta berkembangnya budaya dan perilaku birokrasi yang didasari oleh etika, pelayanan dan pertanggungjawaban publik serta integritas pengabdian dalam mengemban misi perjuangan bangsa mewujudkan cita-cita dan tujuan bernegara”. Hal ini disampaikan Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Riau (UR), Prof Dr Sujianto Msi, saat memberikan arahan kepada Tim Reformasi birokrasi UR.

rapat koordinasi tim reformasi birokrasi universitas riau

Sumber : HUMAS Universitas Riau

Sejalan dengan yang disampaikan Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UR, Ikhsan SH MH Ketua Satuan Pengawas Internal UR selaku Ketua Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi UR, menyampaikan Reformasi birokrasi pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur.

“Pelaksanaan reformasi birokrasi telah mendapatkan landasan yang kuat melalui penerbitan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025. Selanjutnya, dalam implementasinya telah ditetapkan landasan operasional dalam bentuk Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 tahun 2010 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2010-2014,” jelas Ikhsan.

Sehubungan dengan Grand Design Reformasi Birokrasi UR tersebut, maka UR menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan jalan Reformasi Birokrasi UR dengan narasumber Wisnu Sardjono Soenarso Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan selaku Ketua Tim Kerja Reformasi Birokrasi kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, dan Totok Suhartono Kepala Bagian Tata Usaha, Pusat Pendidikan dan Pelatihan selaku Manager Manajemen Perubahan Tim Kerja Reformasi Birokrasi kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.  Kamis (13/4) bertempat di Novotel Hotel and Resort Pekanbaru.

“Dalam memperkuat Peta Jalan Reformasi Birokrasi di UR, maka kita dari Tim Reformasi Birokrasi UR mengundang narasumber dari Tim Kerja Reformasi Birokrasi kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Acara akan kita laksanakan Kamis (13/4) bertempat di Novotel Hotel and Resort Pekanbaru. Kegiatan Bimtek penyusunan jalan Reformasi Birokrasi UR ini, terdiri dari peserta yang merupakan unsur-unsur yang tergabung dalam Tim Reformasi Birokrasi UR, Ketua Lembaga, Badan, Direktur dan Kepala UPT UR, serta undangan lainnya,” tambah ikhsan.

“mengingat pentingnya acara tersebut, kehadiran peserta tidak dapat diwakilkan serta dapat hadir tepat pada waktunya dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan,’’ harap Ikhsan.

Dalam kesempatan lain, Rektor UR Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, sangat mengapresiasi langkah penguatan Reformasi Birokrasi ini. Reformasi birokrasi di UR adalah dalam rangka menciptakan efesiensi, efektifitas, dan produktifitas melalui pembagian kerja hierarki maupun horizontal yang seimbang serta adanya pengawasan yang ketat. Kualitas pelaksanaan reformasi birokrasi, diharapkan berdampak pada peningkatan kinerja dan pelayanan publik. “Kita berharap, melalui bimtek ini, nantinya para peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian acara, agar memperoleh manfaat yang maksimal untuk dapat diaplikasikan nantinya di jajaran sistem birokrasi yang ada di UR, yang mana kita dari UR sangat mendukung dalam mewujudkan karena reformasi birokrasi merupakan inti dari upaya penciptaan good governance, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (wendi) ***

FOLLOW US ON:
Jadwal Gladi Resik W
UR Dukung Pencegahan

aldi@unri.ac.id

Rate This Article: