Friday, Jan 20, 2017
HomeBeritaRektor Buka Kegiatan Pekan Integrasi Nasional Yudha Manunggal Chakti

Rektor Buka Kegiatan Pekan Integrasi Nasional Yudha Manunggal Chakti

PENYEMATAN PESERTA PEKAN INTEGRASI NASIONAL OLEH REKTOR

unri.ac.id “Resimen Mahasiswa (Menwa) merupakan rakyat terlatih serta merupakan satu diantara komponen bangsa yang setia terhadap negara kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila. Organisasi ini terstruktur mulai dari tingkat satuan di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta sampai dengan tingkat komando nasional menwa Indonesia”. Demikian petikan amanat Rektor Universitas Riau (UR), Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, yang betindak selaku Pembina upacara Pembukaan kegiatan Pekan Integritas Nasional Yudha Manunggal Chakti yang dilaksanakan di halaman Gedung Rektorat Univesitas Riau, Minggu (12/12).

“Kegiatan upacara ini untuk merupakan kegiatan untuk menyempurnakan pengabdian ilmu pengetahuan dan ilmu olah keprajuritan. Pada tahun ini Pekan Integrasi Nasional Yudha Manunggal Chakti diselenggarakan di bumi lancang kuning yang menjadi tuan rumah, Universitas Riau melalui Menwa Indra Pahlawan Riau Batalyon 041 Indra Buana Universitas Riau (UR) sebagai penyelenggaranya,” jelas Aras.

Pekan Integrasi Nasional Yudha Manunggal Chakti merupakan ajang perlombaan sekaligus ajang silaturrahim antara Resimen Mahasiswa se-Indonesia yang penyelenggaraannya rutin diadakan sekali dalam dua tahun.

“Saya berharap, pada kegiatan ini Menwa UR dapat menjadikan momentum ini sebagai langkah untuk meningkatkan jiwa bela Negara, Patriotisme dan Nasionalisme, kemudian di dalam berkompetisi nantinya dapat menempatkan menang dan kalah adalah suatu hal yang wajar. Maka dari itu, diharapkan kepada setiap peserta menjadikan perlombaan ini sebagai ajang persaudaraan,” jelas Aras.

Dalam rangkaian penyelenggaraan Pekan Integrasi Nasional Yudha Manunggal Chakti ini, juga dilaksanakan berbagai kegiatan, seperti seminar nasional dengan pemateri oleh Pangdam I Bukit Barisan serta dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), selain itu juga ada perlombaan menembak yang dilaksanakan di Batalyon Komando 462 Paskhas, serta lomba napak tilas jejak pahlawan Sultan Syarif Qasim di Kabupaten Siak Sri Indrapura. (wendi) ***

FOLLOW US ON:
Melalui Revolusi Men
Tebar Semangat Inova

aldi@unri.ac.id

Rate This Article: