Sunday, Apr 23, 2017
HomeBeritaICRID 2016 FE UR Lahirkan Inovasi Baru Untuk Pembangunan Provinsi Riau Lebih Baik

ICRID 2016 FE UR Lahirkan Inovasi Baru Untuk Pembangunan Provinsi Riau Lebih Baik

IMG_0658

unri.ac.id Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Riau (FE UR) menyelenggarakan International Conference on Rural Industrial Development (ICRID) tahun 2016, Senin (5/12) di SKA Co Ex Pekanbaru. Ini merupakan konferensi internasional pertama diselenggarakan oleh Jurusan Ilmu Ekononi UR, dan kedepannya konferensi ini akan menjadi kegiatan  tahunan Jurusan Ilmu Ekonomi FE UR. Hal Ini disampaikan oleh Ketua Panitia ICRID Prof Dr HB Isyandi SE MSc saat kegiatan berlangsung.

“Ini akan menjadi kegiatan tahunan Ilmu Ekonomi kedepannya. Dengan adanya konferensi seperti ini, maka para peneliti bisa saling bertukar pikiran mengenai inovasi, saling berinteraksi, tukar menukar gagasan dan ide dari para peneliti dari berbagai negara, sehingga lahir beberapa program penelitian yang berdaya bersaing dan bereputasi internasional,” jelas Isyandi.IMG_0606

Sumber : Humas Universitas Riau

Konferensi ini menghadirkan tiga orang keynote speaker yang ahli dalam bidang ekonomi, diantaranya Ahmad Bashawir Bin Haji Abdul Gani dari Universiti Utara Malaysia, Kosuke Mizuno dari Kyoto University, dan Jahrizal dari Universitas Riau. Selain itu pada forum ini juga akan disampaikan sebanyak 29 paper yang dipresentasikan oleh para dosen peneliti dari beberapa negara, di antaranya Bangladesh, Zimbabwe dan Indonesia.

Kedepannya, lanjut Isyandi, hasil penelitian para dosen ini tidak lagi hanya sekedar tersimpan di dalam lemari, tetapi bagaimana hasil penelitian ini bisa dimanfaatkan dan diaplikasikan oleh industri nantinya. “Kita menginginkan aliansi ini dikembangkan dari hulu dan hilir, sehingga kedepannya kita bisa mengelola hasil produk sendiri. Kelapa sawit misalnya, bagaimana agar kelapa sawit ini kita sendiri yang mengelola menjadi minyak, margarin, sabun, dan sebagainya,” lanjutnya.

Rektor UR Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, yang hadir membuka acara konferensi ini mengharapkan dengan adanya konferensi ini semoga akan lahir inovasi baru, yang nantinya akan bermanfaat bagi pembangunan Provinsi Riau khusunya. “Dengan adanya konferensi ini semoga akan lahir kebijakan-kebijakan atau penemuan-penemuan baru untuk perkembangan Indonesia umumnya, dan khususnya Provinsi Riau yang saat ini sedang berkembang dengan baik,” harapnya. (mukmin) ***

FOLLOW US ON:
UR Dukung Perkuat Pe
Informasi Pembayaran

aldi@unri.ac.id

Rate This Article: