Sunday, Sep 24, 2017
HomeBeritaInsan Pendidikan hingga Masyarakat Umum Penuhi Stand Pameran UR

Insan Pendidikan hingga Masyarakat Umum Penuhi Stand Pameran UR

IMG_0445

unri.ac.id. Stand Universitas Riau (UR) pada Pameran Ritech Expo yang diselenggarakan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Republik indonesia, Sabtu (13/8), dipenuhi oleh pengunjung, baik dari kalangan insan pendidikan hingga masyarakat umum.

“Hari ini pengunjung yang datang ke stan UR lebih meningkat dari hari sebelumnya (Rabu, 10/8-red). Kegiatan Pameran Ritech Expo yang diselenggarakan 10-13 Agustus 2016, khususnya UR sangat menarik minat pengunjung untuk mengetahui tentang produk penelitian yang ditampilkan, dan inovasi-inivasi serta implementasi hasil-hasil penelitian UR yang telah dimanfaatkan untuk solusi bagi kehidupan masyarakat,” ungkap Tika Mutia SIkom MIkom, selaku petugas stand UR pada Pemeran Ritech Expo ini, Sabtu (13/8).

Tika menambahkan, banyak para pengunjung yang hadir ke stand UR di dalam Gedung Hall B bertanya tentang cara kerja dan spesifikasi dari produk pameran di stan UR, seperti mesin Computer Numeric Control  (CNC) Milling merupakan mesin yang bekerja dengan cara mengikuti instruksi numerik yang inputkan ke kontrol. Instruksi tersebut menghasilkan sinyal-sinyal yang dikonversikan dalam bentuk penggerakan motor.

Informasi ini diperjelas oleh Dodi Sofyan Arief, dosen Fakultas Teknik UR selaku pembimbing dalam membuat CNC ini. “Instruksi numerik yang diperlukan untuk diinputkan ke kontrol berasal dari desain benda kerja yang digambar menggunakan software desain teknik dan diubah dalam bentuk kode-kode instruksi numerik menggunakan serangkaian aplikasi simulasi proses pemesinan. Pergerakan pada mesin CNC pada tiap-tiap sumbunya bergerak berdasarkan koordinat atau disebut dengan sistem koordinat kartesian,” papar Dodi.

“Kontrol CNC mengendalikan berbagai jenis pahat sebagai alat untuk membentuk instruksi numerik yang inputkan ke kontrol, meskipun ada beberapa tipe dalam mengendalikan pahat, kontrol CNC selalu memiliki slide table serta pengendalian kecepatan dan posisi spindel. Meja, mesin dikendalikan dalam arah sumbu X dan Y dan spindel bergerak sejajar dengan sumbu Z,” terang Dodi.

IMG_0394

Pengunjung stand UR pada Pameran Ritech Expo (foto: Humas UR)

Antusias bertanya dari pengunjung stand UR yang dihadiri oleh kalangan siswa sekolah dasar hingga mahasiswa, perusahaan, hingga masyarakat umum, menanyakan tentang produk hasil karya UR yang ditampilkan di stand UR pada kegaiatan pameran Ritech Expo tersebut. “Bagaimana cara kerja mesin (produk penelitian hasil karya UR-red) ini, Mbak?,” tanya seorang pengunjung yang berasal dari Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Lebih lanjut, stand UR pada kegiatan Pameran Ritech Expo ini, telah memasuki hari ke empat dalam rangkaian pameran tersebut. “Kita berharap melalui pameran ini, kita bisa menampilkan produk penelitian yang telah dihasilkan UR kepada insan pendidikan maupun masyarakat umum hingga ke tingkat nasional, yang manfaatnya agar kalangan eksternal yang ada di UR dapat mengetahui apa saja kontribusi universitas bagi masyarakat melalui hasil-hasil penelitiannya yang dapat mendukung dan sebagai solusi dalam kehidupan masyarakat,” tambah Tika. (wendi/nurfatihayati) ***

FOLLOW US ON:
UR Berikan Wawasan I
Pengumuman Pelelanga

nurfatihayati@unri.ac.id

Rate This Article: