Tuesday, Jul 23, 2019
HomeBerita(Indonesia) Audiensi Bersama Dewan Pengawas Badan Layanan Umum (BLU) Universitas Riau

(Indonesia) Audiensi Bersama Dewan Pengawas Badan Layanan Umum (BLU) Universitas Riau

www.unri.ac.id – Bertempat di Aula Rumah Sakit Universitas Riau (RS UR) telah dilangsungkan acara Audiensi Bersama antara pihak Universitas Riau dengan Dewan Pengawas (Dewas) Badan Layanan Umum (BLU) pada hari Rabu (17/12) pukul 09-00 hingga 12.00 WIB. Acara yang dibuka dan dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Riau Prof Dr Ir H Aras Mulyadi DEA dan para Wakil Rektor (WR) yakni Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Dr Thamrin M.Sc, Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Prof Dr H Sujianto M.Si, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Syafrial M.Pd dan Wakil Rektor IV  Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Universitas Riau Prof Dr Mashadi  M.Si.

Acara juga dihadiri oleh para Dekan, Wakil Dekan, Kepala Unit, Kepala Badan, Kabag dan Kasubag se-Universitas Riau. Acara pertama diisi dengan perkenalan awal para Dewan Pengawas BLU UR yang disampaikan langsung oleh Rektor UR. Para Dewan Pengawas yang hadir yakni Prof Ir Tian Belawati M.Ed PhD yang juga merupakan Rektor Universitas Terbuka Indonesia, Didyk Choirul M.PA dan Prof Dr Syawal Gultom M.Pd yang berhalangan hadir.

Dalam sambutannya, Rektor UR menyambut hangat kehadiran para Dewas BLU ke Universitas Riau dan mengharapkan bahwa terjalinnya komunikasi dan kordinasi yang baik diantara kedua belah pihak, baik itu masukan hingga kritikan yang membangun untuk Universitas Riau. Sejalan dengan yang disampaikan Rektor UR, Didyk Choirul M.PA yang merupakan salah satu Dewas dalam pidato perkenalannya mengatakan bahwa banyak draft dan rencana kerja yang akan segera dibicarakan dengan UR, bagaimana operasional kebijakan tersebut dilapangan dan akan memperbanyak diskusi dengan UR dan pusat secara berkesinambungan.

dewas1

Rektor UR tengah memperkenalkan para Dewan Pengawas diacara Audiensi Bersama BLU Universitas Riau (foto: Hizra-Puskom UR)

dewas2

Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Prof Dr Mashadi M.Si tengah memaparkan presentasi tentang Rencana Bisnis Anggaran Universitas Riau dihadapan para Dewan Pengawas BLU (foto: Hizra-Puskom UR)

“Kami akan mengikuti alur dan kebijakan yang ada, selain tentu saja ada kebijakan yang akan dibangun dan dilaksanakan. Tugas kita disini melaksanakan BLU dengan baik dan memfasilitasi kegiatan terkait dengan pencapaian BLU di Universitas Riau pada khususnya. Dan ini adalah penugasan kali pertama saya sebagai Dewas, sehingga tentunya saya ingin kita bekerjasama dengan profesional dan benar.” ungkap Dydik Choirul yang bertugas di Kanwil Dirjen Pembendaharaan Riau Kepri tersebut.

Tidak hanya perkenalan, acara audiensi juga diisi dengan presentasi-presentasi oleh pimpinan UR yakni Rektor, WR 2 dan WR 4 dengan moderator acara Prof Dr Usman M Tang MS. Presentasi pertama tentang kinerja BLU bagian Keuangan dan Operasional 2011-2014 yang disampaikan oleh Rektor UR. Dalam pemaparannya, beliau membahas dan memaparkan pencapaian Universitas Riau selama ini, baik dari segi prestasi dan juga teknis dilapangan. Presentasi kedua dilanjutkan oleh WR IV tentang Rencana Bisnis Anggaran (RBA) dimana lebih membahas dan memaparkan tentang visi dan misi sasaran strategis program dan kegiatan UR 2015 dan terakhir presentasi yang dibawakan oleh WR II mengenai penerimaan dan serapan keuangan di UR tahun 2014.

Dalam sesi diskusi dengan para Dewas, Prof Ir Tian Belawati M.Ed PhD memberikan apresiasi kepada Universitas Riau dan masukan beliau berdasarkan pengalaman selama ini menjadi Rektor Universitas Terbuka. “Saya menilai, Universitas Riau secara sistem sudah baik terutama dalam konsep Governance. Semua bahan tentang Universitas Riau akan saya review dan kaji lebih dalam. Kali ini baru perkenalan dan sosialisasi dengan para pemegang tampuk pimpinan. Harapan saya kedepan, hendaknya tiap individu di civitas tahu benar tentang pencapaian Renstra (Rencana Strategis -red)”, ungkap Tian ketika dimintai tanggapannya diakhir presentasi para pimpinan UR.

Diakhir acara, Rektor UR menutup acara dengan harapan bahwa kedepan dengan diadakannya audiensi dengan para Dewas tersebut semakin memacu UR untuk meningkatkan diri kearah yang kompetitif dengan mengedepankan kualitas sehingga Moto UR “K3 Menuju UR Good” yakni Keberlanjutan menuju UR yang unggul, Kepedulian menuju UR yang responsif dan Keterbukaan menuju tata kelola UR yang baik dapat terlaksana dengan baik dan benar. ***(Hizra Puskom UR)

FOLLOW US ON:
(Indonesia) Mashadi:
(Indonesia) Seminar

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: