Sunday, May 19, 2019
HomeBeritaMenuju Riau University Medical Center (RUMC) : Klinik UR Gelar Deteksi Dini Kesehatan untuk Civitas Akademika UR

Menuju Riau University Medical Center (RUMC) : Klinik UR Gelar Deteksi Dini Kesehatan untuk Civitas Akademika UR

www.unri.ac.id – Klinik Universitas Riau (UR) bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran, Program Studi Ilmu Kesehatan (PSIK), dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UR menyelenggarakan kegiatan bakti sosial berupa pemeriksaaan kesehatan untuk civitas akademika UR, Jumat- Sabtu (8-9/3).Pemeriksaan kesehatan ini diantaranya, pemeriksaaan kesehatan jantung, pemeriksaan kanker payudara, manajemen dismenorea, pemeriksaan tumbuh kembang anak, pemeriksaaan dan konseling kesehatan jiwa, serta pemeriksaaan kesehatan gigi. Selain pemeriksaan kesehatan, Klinik UR juga memfasilitasi kegiatan senam jantung sehat bagi mahasiswa, karyawan dan pegawai di lingkungan UR.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung A Riau University Medical Center (RUMC) ini dibuka oleh Rektor UR, Prof Dr Ashaluddin Jalil MS. Dalam sambutannya, Rektor sangat mendukung kegiatan ini dan mengharapkan kegiatan pemeriksaaan kesehatan seperti ini terus dilakukan.

“Pemeriksaan kesehatan seperti ini sangat bagus dilaksanakan, kedepannya saya berharap Klinik UR juga bisa melakukan program pengecekan kesehatan bagi pegawai dan dosen yang berumur di atas 45 tahun. Terkadang ada penyakit yang tidak nampak dan hanya bisa diketahui setelah dilakukan pemeriksaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ashaluddin menjelaskan, saat ini kegiatan operasional Klinik UR dipindahkan ke RUMC. Hal ini agar pelayanan Klinik UR lebih leluasa. “Untuk sementara ini, kegiatan operasional Klinik UR dipindahkan ke RUMC. Jadi di RUMC saat ini baru melakukan kegiatan Klinik dan belum melakukan kegiatan rumah sakit. Karena untuk menjalankan kegiatan rumah sakit, banyak hal yang harus dipersiapkan seperti mempersiapkan izin, kelengkapan administrasi dan kelengkapan lainnya,” jelas Ashaluddin.

Kedepannya, tambah Rektor, gedung Klinik UR yang lama akan dijadikan sebagai tempat Bank Darah dan laboratorium bersama bagi mahasiswa. “Bank Darah ini direncanakan akan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), namun untuk teknisnya saat ini masih kita perbincangkan,” tambahnya.*** Mukmin-Humas UR / BPTIK UR)

Klinik_UR_2

Rektor UR memberikan kata sambutan

Klinik_UR_3

Direktur RUMC dr. Laode memberikan kata sambutan

POST TAGS:
FOLLOW US ON:
Divisi Website UPT P

rifaldi@staff.unri.ac.id

Rate This Article: